Sunday, November 2, 2014

Aplikasi Anak Cerdas, dari Acer untuk Belajar Anak


Karakter belajar setiap anak  berbeda satu sama lain. Memahami karakter belajar anak adalah bekal kita mendorong agar belajar anak lebih efektif.  Setiap anak punya kekuatan dan kelemahannya, serta cara yang efektif bagaimana sebuah informasi bisa diproses dan diterima. Karena itu, hindari tekanan dan konflik saat anak belajar. 


Anak yang susah disuruh belajar dengan membaca buku itu wajar. Bosan dan jenuh itu manusiawai. Jadi saya tidak berniat menambah beban pikiran putri saya (Cinta) yang sudah mulai ABG ini.  Sepulang sekolah pukul 16.00 WIB tidak tega rasanya memintanya belajar lagi.  Tiba di rumah biasanya Cinta langsung mandi, lalu duduk santai di teras sambil main HP.  Beberapa game telah dipasang di smartphone ACERnya. HP ini saya dapatkan dari penghargaan Srikandi Blogger Inspiratif.  Saya tidak melarangnya, hanya membatasi waktunya hingga menjelang makan malam.  Game membuat anak refreshing sambil melatih ketangkasan dan menstimulasi kecerdasan. Asalkan dilakukan dalam waktu yang wajar sehingga tidak membuat ketagihan. 


Saya memasang Aplikasi Anak Cerdas di smartphone Cinta. Dasar anak generasi gadget ya, baru sehari diinstalkan Aplikasi Anak Cerdas Cinta sudah eksplorasi ke berbagai fiturnya.  Semakin jauh ternyata aplikasi Anak Cerdas ini "kaya" aplikasi seru di dalamnya.

Coba lihat laman depan Aplikasi Anak Cerdas ini. Tampak begitu menarik dengan gambar anak-anak dengan berbagai profesi yang dicita-citakan.  Jelas visinya adalah membantu anak belajar dan menstimulasi kecerdasan agar kelak anak bisa meraih cita-citanya.



Berikutnya akan masuk pada pilihan menu Dunia Anak, Dunia Tekno dan Pengaturan.  
Pada menu Dunia Anak akan ada pilihan Mari Bermain dan Latihan Yuk!
Kalau kita pilih menu Latihan Yuk akan masuk ke profil anak.  Jika belum mengisi profil diisi saja sesuai kelas anak sehingga akan diarahkan pada soal-soal latihan yang sesuai dengan kelasnya.  Setelah memilih profil, akan terlihat pilihan soal-soal bidang matematika, sains, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.


Beda lagi kalau anak memilih menu Mari Bermain. Yang akan terlihat adalah banyak pilihan aplikasi-aplikasi tambahan dengan 3 kategori yaitu Edukasi ,Permainan dan Buku Cerita.  Untuk masing-masing aplikasi ini kita harus mengunduh dengan Playstore.  Hanya orangtua yang bisa mengunduh karena harus memasukkan password.  Aplikasi yang sudah terunduh inilah yang akan tersimpan dalam menu Aplikasi Terinstal dan bisa diakses oleh anak tanpa harus online.

Kelebihan aplikasi Anak Cerdas ini adalah sistem pengaturannya dikelola penuh oleh orangtua. Selain mengunduh game harus dengan password, orangtua dapat mengontrol seberapa lama aplikasi ini digunakan oleh anak. Laporannya akan dikirim melalui email bulanan kepada orangtua.  Saat orangtua tidak bisa menemani anak menggunakan gadget, ubah pengaturan pada Zona Anak agar yang bisa diakses adalah aplikasi game unduhan dan latihan yang memang aman digunakan untuk anak secara mandiri.

Nah, bagi orangtua pun bisa memanfaatkan aplikasi Anak Cerdas ini untuk menambah wawasannya tentang Dunia Tekno.  Berbagai informasi seputar teknologi dan kaitannya dengan problematika keluarga sehari-hari bisa dibaca pada menu Dunia Tekno.

Aplikasi Anak Cerdas bisa diunduh pada ponsel android dengan spesifikasi minimal versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) dan diatasnya, ukuran tablet minimal 4,7 inchi,  RAM minimal 512 MB, memori penyimpanan minimal 1GB dan tentu saja koneksi internet.

Beberapa saran saya untuk pengembangan aplikasi Anak Cerdas ini antara lain adalah :
  1. Dengan kapasitas yang cukup besar aplikasi ini membutuhkan waktu untuk loading, tergantung kemampuan ponsel androidnya.  Seandainya dibuat versi lebih ringan, tentu akan bisa diunduh oleh ponsel android dengan spesifikasi yang lebih luas agar lebih banyak anak-anak dari berbagai kalangan yang bisa menggunakannya.
  2. Untuk mengunduh berbagai permainan, cerita anak dan edukasi aplikasi ini terhubungkan dengan Playstore sehingga setiap kali mengunduh kita diarahkan pada Playstore.  Ini cukup rumit dan memakan waktu.  Saya berharap lebih banyak aplikasi yang terpadu dan telah ada saat kita mengunduh Aplikasi Anak Cerdas.
  3. Saat membuka menu Cerita Anak muncul iklan di bagian bawah layar. Iklan ini menurut saya kurang tepat berada pada aplikasi untuk anak karena anak akan terpecah konsentrasinya, lalu ingin memencetnya dan otomatis terarah pada Playstore. 
Secara keseluruhan aplikasi ini sangat efektif untuk proses belajar anak karena penyerapan materi dilakukan dengan santai dan gembira.  Baik anak dengan gaya belajar auditif, visual dan kinestetik akan suka belajar menggunakan Aplikasi anak Cerdas. Saya merekomendasikan para orangtua mengunduh aplikasi ini pada ponselnya maupun ponsel anak. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Sharing yuk pengalaman anda :)