Saturday, February 7, 2015

Terpesona Si Merah Blackberry Q5

 

Jatuh cinta pada pandangan pertama, itulah yang membuat saya siang-malam mimpi mempunyai BB Q5 warna merah. Ya, hanya yang merah.  Menilik spesifikasinya, seharusnya saya sudah tidak penasaran lagi, karena gadget yang saya pegang sebelumnya adalah Samsung Galaxy S5 dan BB seri 9360.  

"Saya mau Q5 untuk menggantikan BB lama. Kalau S5 terlalu besar untuk dipegang-pegang di angkot," kata saya merayu suami. Yup, pengen yang bisa dilihat di angkutan umum tanpa menyolok perhatian  orang.


Sayangnya, Blackberry Q5 varian merah ini jarang ditemukan. Setelah berburu di Botani Square dan Ekalokasari Plaza, saya tidak menemukan BB Q5 warna merah, kalaupun ada hanya yang hitam dan putih. Sedangkan kisaran harganya sama, 2.3 juta - 2.5 juta.


What a surprise, ketika selasa kemaren ini suami pulang bertugas dari Lampung membawa oleh-oleh Blackberry Q5.  Pas banget di bulan kasih sayang...aihh..senangnya. Doi beli di sebuah mall di Lampung dengan harga 2,2 juta. "Mumpung ada yang merah dan harganya cukup murah" Kata suamiku.

Blackberry Q5 mempunyai kamera belakang 5MP, pastinya jauh dibanding kamera 15 MP dari Samsung S5 yang biasa saya gunakan.  Sedangkan kamera depannya 2MP, kalau yang ini setara dengan S5. Hasilnya cukuplah untuk selfie. Kebetulan saya kurang aktif selfie hehehe...

BlackBerry Q10, Q5 mempunyai dua jenis metode input, yaitu papan ketik fisik QWERTY dan layar sentuh. Dan tidak ada lagi Trackpad yang menjadi ciri khas BlackBerry.

Blackberry Q5 sudah menggunakan OS Blackberry10, yang telah banyak mengalami pembaruan dari OS 5 yang saya gunakan sebelumnya. Di sini tantangannya.  

Oiya, baterai Blackberry Q5 sudah built in, jadi kalau hang nggak ada lagi acara bongkar pasang baterai ya. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 2100mAH. BlackBerry Q5 bisa disebut ponsel BlackBerry pertama dengan baterai yang tidak bisa diganti atau dicopot.

Tentunya dengan kapasitas memori intenal 8GB dan RAM 2GB, Blackberry Q5 sudah jauh lebih tangguh daripada bb yang saya gunakan sebelumnya.

Dalam tempo 2 hari semua isi BB lama berpindah ke Blackberry Q5. Suamiku sangat cepat dalam memindah-mindah isi hp. Trus tadaaaa, isinya sama persis seperti yang di BB lama. Kontak dan personafikasi tidak berbeda jauh. Kalaupun ada kontak yang tertinggal datanya di BB lama karena saya lupa belum update ke gmail terlebih dahulu.  

Tapi simcardku yang notabene beli sejak 2001, masih berukuran besar, tidak bisa dimasukkan ke slot mini simcard di Blackberry Q5. Simcard lama ini chipnya besar, dipotongpun tidak bisa, takut merusak data. Akhirnya kami ke Grapari untuk kloning simcard, baru deh sukses pindahan total. Yess..!


Blackberry Q5 ini tidak menggunakan paket langganan BB seperti sebelumnya, karena dia sudah seperti Android. Jadi agar nggak nyedot data, saya matikan dulu mobile datanya. Setelah langganan paket BB telkomsel, saya akhirnya bisa menyalakan mobile data. Untuk berhemat, saat dikantor dan di rumah saya menggunakan Wifi dan mematikan mobile data.


Blackberry Q5 ini sangat mulus dan licin, jadi harus hati-hati memegangnya biar nggak sering jatuh. Sampai kemudian saya beli casing yang agak kasar, baru deh tangan lebih lincah menggunakannya.  Sengaja pilih yang pink biar matching dengan warna cantiknya.

Sementara segitu dulu cerita hp barunya... dalam 2 minggu ke depan semoga sudah bisa menaklukkannya. Beda banget dengan android Samsung dan BB versi lama.

4 comments:

  1. Saya belum pernah punya blackberry mak.. Beliin satu boleh lah mak... :))

    ReplyDelete
  2. Warna menarik. Pengen juga nih, hehe..

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Warna menarik. Pengen juga nih, hehe..

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. bentuk bb yang ini beda dari yang lainnya. unik

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)