Saturday, April 4, 2015

Mencoba Kamera Smartphone Sony C3

Suatu hari (haiyyah, kata pembuka yang standar), saya mengganti foto profil BBM di ponsel android.  Trus teman saya (mba Ety Abdoel) bertanya, itu foto diambil pake kamera apa. Saya jawab, pake Samsung S5.

Kemudian obrolan berlanjut dengan pamer-pamer gambar hasil bidikan S5 saya. Sedangkan Mba Ety menggunakan ponsel Sony Z3. Dua-duanya sudah mumpuni kamera belakangya. Samsung S5 memiliki kamera belakang 16bMP sedangkan Sony Z3 memiliki kamera belakang 20 MP.

Ini hasil-hasilnya :


Dengan samsung S5

Dengan Smartphone Sony Z3.
Foto dari mba Ety Abdoel 

Terlihat kan hasilnya mantap. Walaupun dipegang oleh tangan-tangan amatir. Keduanya sudah bisa mengambil obyek close-up, dengan titik fokus tertentu. Bagian yang menjadi fokus foto disentuh dahulu hingga menemukan gambar tajam dan stabil baru di pencet tombol shutter. Jepret !!

Saya jadi penasaran dengan kamera ponsel Sony. Kebetulan sekali, sabtu kemaren ke mall Botani Square, dan saya mampir ke counter ponsel. Di bagian display Sony, saya mencoba-coba foto dengan Sony C3 dengan kamera 8MP. Pengen tahu aja sih, beda nggak cara penggunaan kameranya dan gimana kenyamanannya. Ternyata sama aja kok dengan Samsung. Tapi karena lebar ponselnya lebih besar sedikit dari S5, butuh 2 tangan untuk hasil maksimal dan tidak goyang. Kalau sudah terbiasa, tangan nggak goyang lagi. Sebenarnya Sony C3 mengklaim sebagai ponsel terbaik untuk selfie dengan kamera depan 5MP. Tapi, saya nggak berani mencoba selfie saat itu...hihih..nggak cukup punya nyali untuk selfie-selfie di toko. Diam-diam saya foto jari saya dengan jarak dekat. Dan ini hasilnya, tampak kan gurat-gurat tangan saya yang menjelang keriput? hahaha..


Hasil foto dengan C3


Body Sony C3 sedang dan nyaman di genggaman. Sony C3 diperkenalkann sebagai smartphone yang pro selfie. Kamera depannya 5MP dengan sudut pandang lebar, sangat memadai untuk selfie. Selfie nggak perlu bejubel depan kamera.

Ditambah dengan lampu kilat LED dan aplikasi realtime selfie. Jelas selangkah lebih maju karena rata-rata smartphone mempunyai kamera selfie masih 2 MP.

Xperia C3 adalah smartphone Android termewah untuk selfie dan panggilan video
Foto: www.sonymobile.com


Ini tampilannya yang tipis dimensi 156 x 76.5 x 7.5 mm, lebar layar 5.5 inchi dan berat 155 gram. Cukup lebar tapi ringan.

Kelebihan lainnya adalah sensor gambar

Sony Exmor RS untuk ponsel. Karakterstik gambar hasil jepretan Sony kamera maupun smartphone adalah pencahayaan yang cukup terang dalam berbagai kondisi, termasuk indoor.

Oiya, zoom digital C3 sudah 16x jadi bisa mengambil gambar dari jarak yang agak jauh tanpa harus mendekat.

Dalam Sony C3 sudah dilengkapi pilihan pemandangan otomatia, geotagging, pelacakan obyek dan mengunci fokus, dan anti mata merah. Ini tentu memudahkan fotografer baik amatir maupun profesional yang perlu mengambil gambar dalam waktu cepat tanpa harus setting kamera terlalu lama. Kemudian hasil gmbar disimpan dalam format JPEG. 

1 comment:

  1. Kalau kameranya Sony mah gak perlu diragukan lagi ya mbak, saya juga jatuh cinta tuh sama kamera phone nya sony.. selalu memuaskan hihihi

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)