Tuesday, March 31, 2015

Eksplorasi Kotamu dengan Aplikasi Wisata Lokal

Perasaan saya cukup sering jalan-jalan (wisata) di Bogor, tapi kok kesitu-situ aja ya. 
Ketika tahu ada aplikasi Wisata Lokal, saya mengunduhnya dan cek ada apa di dalamnya. Ternyata banyak obyek wisata di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.



Aplikasi Wisata Lokal adalah aplikasi ponsel yang menyediakan informasi mengenai wisata lokal yang lengkap. Aplikasi ini diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk berwisata dalam negeri (lokal). Banyak sekali tempat menarik di negeri ini. Dengan slogan "Bhinneka itu Indah" aplikasi Wisata Lokal ingin menjadi referensi pilihan wisata dalam negeri.

Ketika saya membuka aplikasi Wisata Lokal, pada deretan atas ada pilihan menu province, article, profile dan galeri.

Pada menu province kita akan menemukan laman depan berisi jendela-jendela 34 propinsi dengan jumlah destinasi wisata yang telah terdaftar di aplikasi Wisata Lokal. 
Jika diklik satu propinsi akan terjabarkan lagi dalam kabupaten/kota, kemudian akan ada lokasi-lokasi wisata.



Saat tertampil Kabupaten/kota, sebelah kanan atas ada ikon "tempat tidur" yang artinya hotel. Jika diklik akan diarahkan pada pilihan hotel-hotel atau penginapan yang ada di kabupaten tersebut serta reviewnya. Dari situ juga kita bisa sekaligus melakukan booking.


Dalam satu kabupaten / kota terdapat banyak Point of Interest (POI) yang menunjukkan tempat-tempat wisata menarik di wilayah tersebut. Informasi POI ditampilkan berupa galeri foto, peta, artikel dari berbagai sumber, review dari pengunjung.

Aplikasi Interaktif, Masyarakat Bisa Berkontribusi.

Ya, saya katakan demikian karena kita bisa terlibat langsung dalam memperkaya informasi dalam aplikasi Wisata Lokal ini.  Langkah pertama, adalah membuat akun sehingga akan muncul profil pengguna pada aplikasi Wisata Lokal. Setelah itu, kita bisa menambahkan destinasi wisata tersebut dalam wishlist rencana liburan berikutnya. Kita juga bisa mengunggah review dan foto apabila sudah pernah mengunjunginya. Di sinilah kita dilibatkan dalam memperkaya informasi dan mengumpulkannya dalam Aplikasi Wisata Lokal. 

Jika lokasi wisata yang anda ketahui belum terdaftar, kita bisa mengusulkan Point of Interest melalui email support@wisatalokal.net . 

Untuk memperkaya informasi tentang lokasi yang sudah ada dalam daftar POI, caranya klik nama lokasi, lalu klik icon "plus" pada bagian kanan bawah untuk menambahkan foto maupun review. Saya sudah mencoba mengunggah beberapa foto tentang kota tempat tinggal saat ini, Bogor. Foto hasil unggahan kita ditandai dengan tampilnya foto profil.


Sayangnya, saat ini Aplikasi Wisata Lokal belum memuat fitur informasi tempat makan, alat transportasi dan fasilitas umum lainnya. Saya lihat memang belum ada secara terpisah.  Mungkin informasi tersebut termuat dalam artikel maupun review yang bisa dicari melalui kolom pencarian (search). Namun jika terdapat fitur tersendiri akan lebih mudah pengguna menemukannya, sekaligus berkontribusi menambahkan informasi.

Selain itu jumlah angka POI yang saat ini ada di aplikasi Wisata Lokal masih sangat sedikit dibandingkan ribuan obyek wisata di Indonesia. 

4 comments:

  1. Banyak koq wisata lokal yang ga kalah keren sama yang interlokal, eh internasional malah lebih bagus koq

    ReplyDelete
  2. Saya juga menggunakan aplikasi diatas dalam mencari alternaif lokasi wisata yang kan saya kunjungi. Aplikasi pencarian wisata memang sangat membantu dalam memilih dan memudahkan kita dalam berwisata. Kunjungi balik ya http://indonesia.gunadarma.ac.id /
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. gadget jangan lupa dibawa yah jika mau travelling, karena membantu banget loh

    ReplyDelete
  4. Hihihi gini ini memang smartphone penting ya, banyak hal yang bisa kita lakukan- termasuk memilih destinasi wisata :3

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)