Thursday, January 14, 2016

Scoop, Toko Buku dan Perpustakaan Digital

Karena tahu buku Mommylicious dijual juga secara digital melalui Scoop, saya berkenalan dengan aplikasi ini. Oiya, sekedar info (lagi), Mommylicious adalah buku karangan saya dan Rina Susanti.

Dari Smartphone:
  1. Unduh dulu aplikasi Scoop.
  2. Registrasi.
  3. Pilih kategori buku/majalah. Disortir berdasar tema (keluarga, sejarah, umum dll) dan berdasar ...apa ya..(gratis, bayar, terbaru? terlama) pokoke gitu deh.
  4. Unduh yang diinginkan. Kalau gratis akan langsung terunduh ke komputasi awan, lalu unduh ke perpustkaan. Kalau bayar harus pilih cara pembayaran. Biasanya saya pakai metode transfer. Tapi kesininya lebih suka metode Google Play, dipotong dari saldo pulsa. Asal cukup aja saldonya.
  5. Setelah bayar e book terunduh ke komputasi awan/ perpustakaan dan siap dinikmati.
Dengan Komputer:
  1. Buka Getscoop.com
  2. Login atau sign up
  3. Unduh buku di komputasi awan jika sudah pernah unduh sebelumnya dari perangkat smartphone. 
  4. Atau lakukan cara pembelian seperti langkah 3-5 pada cara smartphone.
Beda Komputasi awan dan Perpustakaan.
Jika e book masih di komputasi awan artinya belum didownload ke prangkat kita. Tapi sudah masuk ke akun Scoop. Artinya bisa diunduh di perangkat lain dengan masuk ke akun.

Setelah diunduh dari komputasi akan masuk ke perpustakaan dalam bentuk siap baca. Perpustakaan ini isinya beda-beda di tiap perangkat yang kita gunakan. Bisa diatur mana yang mau dibaca  berulang dan mana yang mau dihapus. Jika dihapus akan mengurangi penyimpanan file dan masuk ke komputasi awan. Tidak hilang kok, bisa diunduh ulang tanpa bayar asalkan masih diakun yang sama.

Enaknya, buku-buku ini abadi di komputasi akun Scoop kita. Gonta-ganti perangkat tinggal unduh ulang tanpa bayar.

Sekarang Scoop juga ada penawaran premium. Bayar sekian rupiah sudah bisa menikmati semua buku/majalah. 





Nah, ini kebanyakan koleksi saya tentang ibu dan keluarga. hehehe..belum move on dari tema itu. Masih punya anak kecil soalnya. kalai yang gratisan saya suka unduh majalah gadget :)


1 comment:

Sharing yuk pengalaman anda :)