Saturday, August 29, 2015

Nyapu Ponsel Biar Bersih

Tanpa sadar, browsing, main game, buka-buka file bisa meninggalkan " sampah memory" di smartphone kita. Sehari bergadget ria bisa menyisakan hingga 2 GB lho. Pernah saya sampai segitu berkas sampahnya. Sedangkan rata-rata harian sih 700 MB hingga 1 GB. Lumayan nyampah kan?

Nah, apalagi kalau memory smartphonenya hanya kisaran 8 GB dan RAM dibawah 1 GB.  Pasti efek lemotnya cepat terasa. So, buat atasi itu, saya sarankan unduh aplikasi yang bisa "bersih-bersih" ponsel.

Clean Master (CM) adalah salah satu aplikasi yang saya gunakan. Efektif untuk bikin ponsel segar bugar lagi. Setelah berkas sesampah dibuang, penggunaan storage dan RAM bisa dihemat.

Tapi saran saya, secara rutin pindahkan data ke eksternal storage. Kalau saya sudah menggunakan eksternal memory SD Card hingga 32 giga, dan setting penyimpanan ke eksternal memory, jadi gak mengganggu kinerja smartphone. Soalnya kebiasaan saya suka foto-foto apa saja, dan pengennya tetap tersimpan di ponsel biar bisa digunakan kapan saja.
Berikut tampilan aplikasi Clean Master.

Selain bersih-bersih, Clean Master juga bisa mendeteksi dan karantina virus, mempercepat perangkat dan menurunkan suhu ponsel 1-2 derajat akibat pemakaian yang terlalu lama. 
Dalam fanpage Clean Master saya menemukan info bahwa CM mampu mengatasi FakeInst, yaitu virus android yang menyamar sebagai aplikasi resmi atau layanan premium yang mengirimkan pesan-pesan secara acak kr sembarang nomor tanpa diketahui oleh pemilik ponsel itu sendiri. Bahkan sampai mendaftarkan nomor pengguna ke layanan berbayar. Nah, kalau sering ujug-ujug pulsa habis, patut dicurigai, jangan-jangan terjnfeksi fakeinst. 

Sesekali CM mengingatkan saya jika ada aplikasi yang meminta data pribadi. Sejauh ini yang terdekteksi adalag twitter dan instagram. So far data saya tidak detil di sana jadi saya asumsikan aman.

Punya pengalaman dengan CM atau aplikasi sejenis? share yuk.

sumber : FP Clean master

5 comments:

  1. saya juga termasuk suka pake clean master, jadi kalo ada sampah tinggal atasi dengan clean master, aman sama bagus buat smartphone

    ReplyDelete
  2. saya pakai cm juga .. jarang banget di bersihin sih .. kecuali tuh si cm udah ada notif di atas minta di bersihin :D

    ReplyDelete
  3. Aplikasi komplit ini mbak. Aku pake fitur pengaman untuk pesan atau aplikais yang pakai chat. monitor penggunaan space, sampae mempercepat waktu charging. Komplit, sik asik pokoke.

    ReplyDelete
  4. katannya apliksi CCleaner itu termasuk kategory bloatware ya :/

    ReplyDelete
  5. bagus banget artikel ini mb, makasih ya

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)