Friday, September 25, 2015

Inside Out Game


Sudah nonton film Inside Out dari Disney? 
Film ini membuat anak saya "memaksa" menonton dan "terpaksa" saya merelakan keinginan nonton Mission Imposible 5. Demi anak-anak..

Inside Out adalah penggambaran 5 perasaan yang mengendalikan otak seoranh anak bernama Riley.
Ke 5 perasaan itu adalah Joy, Sadness, Disguise, Anger dan Fear. Mereka mengatur perasaan Riley sepanjang hari, kemudian menjelang tidur mengirimkan satu inti ingatan berisi perasaan yang dominan pada hari itu. Kalau banyak senang, ingatan yang tersimpan adalah tentang kesenangan. Begitupun sebaliknya, kalau Sadness dominan, maka ingatan yang tersimpan adalah kesedihan. Ingatan-ingatan ini terkumpul membentuk karakter si anak (Riley).  Digambarkan juga bagaimana memory lama dihapus, memory yang berkesan akan bertahan, mimpi yang menakutkan akan membuat anak bangun, juga tentang teman imajinasi anak.

Agak berat ya kalau dijelaskan dengan tulisan. Tapi kalau nonton langsung mudah dicerna kok. Asa saja sudah mengerti alur ceritanya. 

Buat anak, mereka akan mendapatkan penggambaran apa yang terjadi dalam dirinya ketika emosi datang. Oh, artinya perasaan marah (Anger) sedang menguasai otak. Begitupun perasaan lainnya. 

Bagi saya sebagai orang tua, penting untuk menciptakan suasana bahagia karena perasaan yang paling banyak dialami anak akan membentuk kepribadiannya. Bahagia membuat anak optimis, berpikir positif dan ceria.

Namun bukan berarti perasaan lain menjadi tidak penting. Kita tahu arti bahagia jika kita tahu rasanya sedih. Jadi perasaan sedih (Sadness) juga memegang peranan penting dalam hidup seseorang. Digambarkan dalam film ini, sedih tidak perlu disembunyikan, karena ketika kita sedih, maka simpati dan pertolongan keluarga akan hadir. Sehingga terbentuklah kedekatan dalam keluarga.

Itulah sekilas tentang film Inside Out. Alurnya agak lama dan membosankan, namun secara keseluruhan film ini bagus, bermutu dan bermanfaat.


Disney menghadirkan karakter Inside Out dalam aplikasi game. Cara main game nya sudah familar seperti game Bubble Mania yaitu menembakkan bola ke kelompok warna yang sama. Bola akan berjatuhan. Jika salah tembak, bola akan berkumpul dan memenuhi ruangan sehigga game over.

Bedanya, bola digantikan dengan gelembung emosi. Kuning mewakili Joy (senang), biru mewakili Sadness (sedih), merah mewakili Anger (marah), hijau mewakili Disguise (jijik) dan ungu mewakili Feat (takut).
Joy

Sadness


Level game dibagi juga atas beberapa karakter kepribadian. Backgroundnya mirip seperti yang ada di film. Dari sisi grafis game ini menampilkan animasi 3D yang bagus.


Di atas adalah penggambaran rak-rak memory. Tempat memory tersimpan. Memory yang lama akan berubah jadi abu-abu, dibuang dan terlupakan.

Pulau Hoki, adalah salah satu karakter Riley. Hoki adalah hobinya sejak kecil

Pulau Keluarga, menggambarkan kehangatan keluarga. Pulau ini runtuh saat Riley berniat kabur dari rumah.

7 comments:

Sharing yuk pengalaman anda :)