Sunday, October 4, 2015

Review Aplikasi Petualangan Boci

Bagi anak pra sekolah, belajar menulis itu berarti belajar menghapal huruf, belajar mengikuti alur pensil yang benar sekaligus melatih motorik halusnya. Idealnya dilakukan dengan alat tulis (misalnya pensil) di atas media (misalnya kertas). Menulis adalah kemampuan dasar yang harus segera dikuasai anak sebelum sekolah dasar. Jadi urgen banget nih untuk melatih anak menulis, apalagi kalau usianya udah 5 tahun :)

Ceritanya, beberapa waktu lalu ada email dari rollingglory.com yang menginformasikan link unduh aplikasi Petualangan Boci : Menulis Alfabet. Kebetulan banget anakku lagi belajar menulis. Maka saya unduh aplikasi ini.


Visual animasinya menarik. Garis ilustrasi jelas dan warna-warna terang menyolok. Anak-anak kebanyakan akan menyukainya. Nyatanya Asa pun penasaran untuk mencoba.

Jadi Petualangan Boci Menulis Alfabet ini merupakan aplikasi belajar menulis yang ditujukan anak usia 2-4 tahun atau yang belum bisa menulis.  Anak akan memilih jenis kendaraan favoritnya untuk dijalankan pada alur menulis huruf. Pilihannya adalah pesawat, kapal dan kereta.

Tahap selanjutnya anak akan mengikuti alur menulis huruf seperti ilustrasi di bawah ini. Ada huruf besar dan kecil. Kalau mengamati alurnya, beberapa alur menulis huruf diluar kebiasaan yang saya ajarkan kepada anak. Misalnya huruf E, W, Q. Setelah cek ricek alur menulis yang benar, ternyata kebiasaan menulis saya yang salah. Jadi bagus juga nih jadi tahu alur yang benar walaupun kalau sudah seumur saya ini susah untuk mengubah kebiasaan hahaha...

Kalau Asa bagaimana? iya selama ini saya bebaskan dia menulis dengan alur yang nyaman baginya. Yang penting bentuk hurufnya benar. Dengan adanya aplikasi Petualangan Boci ini berharap kebiasaan menulisnya jadi benar.



Sayangnya Asa tidak betah berlama-lama main aplikasi ini. Dia penasaran dengan aplikasi lainnya dalam serial Petualangan Boci. Tapiiii, harus unduh satu persatu. Setelah diunduh kalau mau ganti permainan ya harus keluar dulu dari aplikasi yang dimainkan sebelumnya. Lumayan menyita waktu dan butuh kesabaran anak-anak. Latihan sabar ya Nak... :) Padahal ya, kalau satu aplikasi terintegrasi dengan beberapa permainan kan anak nggak bosan. Atau dibuat beberapa tahapan yang menantang. Anak-anak suka lho mendapatkan tantangan.

Oiya, nggak enaknya lagi kalau pas lagi main ada iklan muncul. Kalau iklannya dibagian bawah masih aman, tidak terketuk oleh jari anak. Tapi kalau iklan pop up akan mudah terketuk jari.  Semoga keluhan ini jadi saran pengembangan bagi tim kreatif Petualangan Boci.





1 comment:

  1. wiihh,ini keren banget!
    anak-anak suka pake apps kayak gini tapi yg versi elmo. Selama ini nyari yang bahasa indonesia belum nemu. ternyata ada yaa..

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)