Saturday, June 25, 2016

Sibuk? Raih Target Sehatmu dengan Aplikasi Garda Mobile Medcare


Alarm ponsel berbunyi.
"Minggu 05.30 - Joging di Taman Kompleks Rumah"

Saya matikan alarm dan melanjutkan aktivitas di dapur. 
Ok, 60 menit lagi saya lakukan. 
Terimakasih Medcare, sudah mengingatkan saya.

Di antara alarm notifikasi yang ada di smartphone, hanya tinggal notifikasi panggilan, alarm jam dan alarm Medcare yang saya nyalakan. Notifikasi untuk media sosial, chatting dan email saya matikan.

Cukup! Kesibukan saya sudah maksimal, jika tidak mau disebut berlebihan. Biarlah hati ini tenang tanpa notifikasi yang saya tahu akan menambah pekerjaan. Saya tidak mau diatur-atur oleh ponsel, biarlah saya sendiri yang menentukan kapan waktu untuk melihat notifikasi masuk, dan bukan sebaliknya. Tapi untuk aplikasi Medcare, saya merasa sangat membutuhkannya. Jadi biarlah notifikasinya muncul, saya malah senang.

Apa itu Medcare?
Medcare atau Garda Mobile Medcare adalah aplikasi yang berfungsi untuk memantau kesehatan dari Asuransi Astra. Medcare bisa merekam aktivitas sehari-hari, mencatat target dan menjadi pengingat, informasi rumah sakit, apotek dan gym serta berbagi pengetahuan umum tentang kesehatan. Lebih detilnya saya ulas di bawah ini.

Mengapa perlu Medcare ?
Jika anda orang yang peduli kesehatan dan memiliki target sehat,  perlu unduh aplikasi ini.
Jika anda orang yang sibuk dan selalu lupa berolahraga atau minum obat, perlu unduh aplikasi ini.
Jika anda orang yang haus pengetahuan kesehatan,  perlu unduh aplikasi ini.

Sehat itu membahagiakan. Sehat itu harta yang paling berharga. Karenanya setiap orang ingin sehat, dan rela melakukan berbagai hal untuk tetap sehat. Sayangnya, ada saja godaan cukup besar untuk melakukan hal-hal yang berpengaruh negatif pada kesehatan.

Kesulitan saya menerapkan hidup sehat dikarenakan :
  • Niat saja tidak cukup, sata perlu niat yang sangat kuat!
  • Kesibukan sehari-hari yang membuat kita tidak menempatkan aktivitas kesehatan pada titik prioritas.
  • Begitu "nikmatnya" hal-hal yang kurang sehat, misalnya bermalas-malasan alias mager (malas gerak), minum kopi berlebihan, makan "enak" terus (baca = banyak karbo dan lemak). 
  • Terlalu percaya mitos tentang kesehatan, mudah panik pada info kesehatan hoax yang dibagi di grup-grup chatting dan kurang pengetahuan kesehatan yang benar.
Ya, intinya memang dari diri sendiri saja sih yang belum mau diajak hidup sehat. Padahal sudah tahu begitu, pikiran jadi merasa bersalah terus. Duh, sebenarnya tahu sih minum kopi itu tidak baik, tapi gimana ya, kopi adalah mood booster buat saya. Saya juga tahu sih bahwa gorengan itu mengandung kolesterol, tapi gimana ya, sulit meninggalkannya.

OK, kembali ke aplikasi Medcare yang tadi saya sebut membantu meraih target sehat. Medcare memiliki banyak fitur yang menarik. Tapi kembali lagi kepada seberapa niat kita untuk sehat, Medcare mengingatkan, kita yang melaksanakan. Paham ya?

Langkah pertama, tentunya unduh aplikasi Medcare. Bisa melalui Google Playstore atau App Store.  Setelah itu register dan login. Sebelum melangkah lebih jauh, jangan lupa isi profil terlebih dahulu.


Ketika kita membuka aplikasi Medcare, akan dihadapkan pada laman Beranda.
Di bagian atas terdapat 5 fitur utama yang dirinci lagi pada sub bagian-sub bagian.
  1. Beranda.  Tertampil ada 9 fitur di Beranda yaitu : Pengingat, Kebugaran, Aktivitas Harian, Gejala, Kontrol Medis, Obat, Hubungi Garda Akses, Kotak Masuk dan Garda Medika.
  2. Profil : kita bisa mengunggah foto profil, menuliskan nama, tanggal lahir, nomor telepon dan nomor darurat. 
  3. Sekitarku, menunjukkan lokasi terdekat Rumah Sakit, Laboratorium, Apotek, Gym dan Optik.
  4. Pengetahuan, berisi artikel-artikel kesehatan yang diambil dari berbagai sumber kesehatan terpercaya.
  5. Pengaturan, berisi informasi tentang Medcare, akun media sosial yang bisa terhubung profil kita, berbagi informasi kepada teman, serta data akun media sosial pengguna.


Target sehat yang kita harapkan dapat dikontrol di bagian Beranda.
  • Fitur Pengingat : untuk merekapitulasi semua agenda kegiatan kesehatan yang kita rencanakan.

  • Fitur Kebugaran : untuk membuat jadwal olahraga. Caranya dengan memasukkan rencana olahraga apa yang akan kita pilih. Ada 42 pilihan olahraga. Kemudian isi lokasi dan kapan aktivitas itu akan dilakukan. Terakhir pilih kapan kita mau diingatkan? Apakah kurang sehari, atau kurang beberapa jam dari waktu yang telah ditentukan. Tepat pada waktu yang kita pilih itu, alarm notifikasi akan berbunyi.
  • Fitur Aktivitas harian. Pertama kita set target harian, antara lain target makan, berat badan, air minum, kopi, teh dan tidur. Target harian ini tetap tersimpan hingga waktu lama kecuali jika kita ingin mengubah target. Setiap harinya, input kegiatan kita. Misalnya jika telah minum 3 cangkir kopi, sedangkan target kita maksimal 2 cangkir, Medcare akan memberi peringatan. Begitu juga kita kita masih kurang memenuhi target, Medcare akan menunjukkan posisi kita saat ini seberapa mendekati target. Nggak hanya itu, ada rekomendasi yang diberikan di setiap capaian target kita.




  • Fitur Gejala. Jika ada gejala kurang enak badan bisa kita catat pada fitur ini. Tujuannya, catatan ini menjadi rekam medis juga jika terjadi gangguan kesehatan yang lebih parah. Jadi bisa ditunjukkan kepada dokter tentang riwayat gejala yang pernah dialami. 
  • Fitur Kontrol Medis. Ini adalah fitur pengingat. Berisi agenda kita untuk melakukan kunjungan dokter, bidan, terapis atau konsultasi lainnya. Kolomnya bebas diisi dengan cara menuliskan kegiatan kontrol yang akan dilakukan. Pada waktu yang ditentukan, alarm pengingat akan berbunyi.

    • Fitur Obat. Seringkali kita lupa minum obat atau vitamin. Gunakan saja fitur ini. Kita bisa memasukkan data nama obat, foto obatnya, berapa kali dikonsumsi, kapan akan dikonsumsi, dan catatan khusus. 
    • Fitur hubungi Garda Akses. Dengan memencet tombol ini kita akan langsung terhubung dengan Garda Akses di nomor 1500112.
    • Fitur kotak masuk. Adalah fitur yang berisi informasi apapun seputar aplikasi Medcare. Misalnya jika ada promo-promo di beberapa merchan yang bekerjasama dengan Medcare.
    • Fitur Garda Medika. Adalah fitur untuk menyimpan nomor kartu Garda Medika dan alamat email.

    Butuh informasi Rumah Sakit terdekat? Cari di fitur Sekitarku.
    Di sini tersedia informasi alamat Rumah Sakit, Laboratorium, Apotek, Gym dan Optik yang terdekat dengan lokasi kita. Nama lokasi berganti-ganti tergantung pengguna sedang ada di posisi mana. Dengan catatan, fitur GPS pada ponsel harus diaktifkan.


    Saya ada masukan untuk fitur Sekitarku ini. Pada bagian Rumah Sakit, tidak muncul informasi yang diharapkan. Apakah lokasi saya terlalu jauh dengan rumah sakit? Masukan lain, mohon ditambah nama-nama laboratorium, apotek, gym dan optik. Kenapa yang di aplikasi Medcare hanya ada satu nama untuk masing-masing tempat tersebut. Misalnya untuk laboratorium hanya ada Prodia, untuk apotek hanya ada Guardian, untuk fym hanya ada Celebrity Fitness dan untuk optik hanya ada Melawai. Saya yakin, jika nama-nama tersebut sudah mendapatkan kepercayaan konsumen, sehingga tidak akan menjadi masalah jika Medcare memberi keleluasaan kepada konsumen untuk memilih dengan mencantumkan nama-nama lain.

    Perkaya dengan Pengetahuan.
    Pernah panik karena informasi hoax kesehatan di grup chatting? Ragu pada mitos kesehatan yang beredar di masyarakat ? Yuk, cari informasi kesehatan yang benar. Caranya tentunya dengan banyak membaca dari sumber-sumber terpercaya. Nah, pada fitur pengetahuan di Aplikasi Medcare ini banyak pengetahuan kesehatan yang diperbarui secara berkala dan bersumber dari situs-situs terpercaya.


    2 comments:

    1. wah, aplikasi Garda Mobile Medcare lengkap juga yak isinya.. apalagi ada fitur informasi yg menyediakan rumah sakit di sekitar kita.. keren :)

      ReplyDelete

    Sharing yuk pengalaman anda :)