Sunday, July 24, 2016

DOCAR, Aplikasi Rental Mobil di Solo, Jogja dan Semarang

Docar, Aplikasi Rental Mobil di Solo, Jogja dan Semarang.
Docar, Aplikasi Rental Mobil di Solo,

Sudah menjadi bagian pekerjaan saya di IPB, ketika ada Dosen ataupun Staf yang melakukan perjalanan dinas ke luar kota, saya bertugas mencari rental mobil. Tidak mudah mencari rental mobil  di luar kota. Masalah kepercayaan, komitmen dan ketepatan pihak rental yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih rental mobil.
Kasus-kasus tidak nyaman terkait rental mobil yang kadang-kadang terjadi adalah :
  1. Jenis dan kondisi mobil tidak seperti harapan, mobil tidak diketahui kondisinya karena tidak ada foto. Mau minta tukar tidak gampang karena biasanya kami bertemu sopirnya pada hari H. Ya sudah, pasrah saja jadinya.
  2. Mobil tidak datang tepat waktu atau bahkan tidak datang sama sekali dan tidak bisa dihubungi.
  3. Harga fluktuatif. Di lapangan sopir minta uang tambahan.
Ya, mau bilang apa. Itulah kesulitan memilih rental mobil. Apalagi kalau kasusnya harus rental mobil di luar kota.

Kabar gembira bagi kita, kini ada Aplikasi DOcar (baca Do-Kar) yang bisa diunduh di ponsel. Namanya mirip Angkutan tradisional kereta kuda, khas sekali. Bisa ditebak Docar adalah aplikasi dari Jawa Tengah. Namun arti DOcar sesungguhnya adalah Do with car, lakukan aktifitas dengan mobil.

DOcar adalah aplikasi pesan dan sewa mobil secara online di kawasan Solo, Jogja dan Semarang. Pas banget ini, karena Staf kami sering perjalanan dinas ke Jawa Tengah.  


Yuk kenalan lebih lanjut tentang Aplikasi DOcar. Saya telah mengunduhnya dan mengeksplorasi fitur-fiturnya


Setelah kita sign-up atau login, akan tampil menu-menu pada halaman muka, yaitu menu pemesanan, pembayaran, status pemesanan (termasuk di dalamnya histori), ulasan, kotak masuk pesan, info promo, pengaturan dan tentang DOcar itu sendiri.



Saya mencoba-coba simulasi pemesanan. Saat ini sudah ada 3 pilihan kota asal lokasi rental, yaitu Solo, Jogja dan Semarang. Sedangkan kota tujuan lebih fleksible. Kita bisa menyewa untuk tujuan dalam kota, Citytour atau luar kota. Bedanya City Tour dan Dalam kota adalah pada seberapa banyak daerah yang mau dikunjungi. Pilihan dalam kota jika kita sudah tahu tujuan lokasi yang akan dikunjungi. Sedangkan CityTour cocok untuk wisatawan yang belum tahu mau kemana dan ingin keliling kota.


Setelah kota  asal rental dan tujuan perjalanan telah diisi, juga menentukan tanggal dan periode sewa, saya bisa memilih apakah dalam sehari mau menyewa 8 jam saja, 12 jam atau full day. Setelah itu pilih apakah kita menginginkan sewa mobil tanpa BBM (artinya BBM dibeli dan dibayar oleh penumpang saat memulai perjalanan), sewa mobil termasuk BBM, atau bahkan All In (BBM, makan driver, parkir, toll dan lain-lain). Saya lebih memilih yang terakhir ini agar tidak ribet saat perjalanan. Sekali bayar beres. Lagipula suka ewuh pakewuh, menebak-nebak supir pantasnya dikasih uang makan berapa. Kalau bayar all in kan tidak perlu memikirkan printilan tersebut.





Saya mencoba simulasi sewa untuk luar kota. Misalnya dari Solo ke Trenggalek. Anggap saja lagi mudik, ingin naik pesawat ke Solo kemudian lanjut naik mobil ke Trenggalek. Setelah saya isi form, lalu klik Cari Mobil, keluarlah hasilnya seperti ini:

Sebelum memastikan "iya" kita bisa cek terlebih dahulu jenis mobil, nomor kendaraan, mobil keluaran tahun berapa, rating mobil, rating supir dan yang paling penting adalah informasi harga. Transparan sekali kan? Untuk tujuan Solo-Trenggalek all ini full day dikenakan biaya Rp. 851.000. Harga yang sangat menarik. Apalagi jika digabung dengan program-program promo yang sedang berjalan.






Sukses mencoba simulasi sewa mobil ke luar kota, saya mencoba pilihan "dalam kota" dan "citytour". Juga dengan kombinasi antara "tanpa BBM" dan "All In" Selisihnya sekitar Rp. 150.000. Selisih nilai yang masuk akal untuk keliling kota selama 12 jam. Dengan demikian mau memilih tanpa BBM, dengan BBM dan All in bisa disesuaikan dengan rencana perjalanan kita. Kalau 12 jam tapi hanya satu tujuan dan dekat, mending pilih tanpa BBM. Sedangkan jika mau keliling kota terus menerus selama 12 jam, mending memilih all in atau dengan BBM.

Kenyamanan penggunaan Aplikasi DOcar:
  1. Mudah dan fleksibel digunakan. 
  2. Pengguna dapat membandingkan harga sewa mobil dari partner rental terdaftar
  3. Tersedia banyak varian mobil (city car, big bus, mobil mewah, dll.)
  4. Tersedia beragam tipe dan merk mobil. 
  5. Pengguna dapat mengetahui informasi mobil secara detail. 
  6. DOcar memastikan pengguna mendapatkan mobil sewaan sesuai informasi yang tertera.
  7. Tersedia beragam cara pembayaran seperti transfer bank, i-banking, kartu kredit (Mastercard, Visa), PayPal, dan Indomaret.

Gampang kan? Aplikasi Docar ini sangat memudahkan kita menyewa mobil secara online. Tidak perlu datang ke lokasi rental, kita bisa tahu jenis dan kondisi mobil. Apalagi untuk kebutuhan orang seperti saya yang tinggal di Bogor, tapi mau jalan-jalan di Jawa Tengah. Jadi nggak perlu pusing mencari rental mobil.

4 comments:

  1. Boleh juga nih. Kalau mudik nggak repot lagi nyari rental mobil

    ReplyDelete
  2. Aplikasi DOcar emang membantu banget buat cari mobil sekitaran Jogja Solo Semarang, jadi gak usahkeluar keluar deh buat cari mobil

    ReplyDelete
  3. boleh juga nih, semakin canggih saja ya.

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)