Friday, September 30, 2016

Ke Mana Saja dengan Traveloka


Apa kabarnya agen tiket pesawat? Sejak 2 tahun terakhir ini saya sudah meninggalkan cara-cara primitif membeli tiket pesawat dengan menelepon agen, yang mana harus bayar DP dalam tempo sekian jam untuk benar-benar jadi membeli. Jika tidak dibayar, tiket hangus. Masalahnya, jarak dari rumah saya ke agen tersebut butuh waktu satu jam. Udah gitu, nggak dijamin saya bisa datang tepat waktu. Akibatnya, booking dibatalkan dan saya mencari ulang tiket pesawat dari awal. Biasanya dapat harga lebih mahal.

Saya sudah menggunakan aplikasi Traveloka untuk kebutuhan pesan tiket pesawat dan hotel. Saya yakin sudah banyak yang menggunakan Traveloka. Jadi walaupun ini semacam review yang terlambat, penting saya  ceritakan di sini apa saja sih pengalaman menggunakan traveloka dan kesan-kesannya. Harap maklum ya, sebagai emak rempong begini, kecepatan saya untuk menulis di blog nggak secepat blogger lainnya.*curhat* Tapi kan ada baiknya, pengalaman yang mau diceritakan makin banyak. Ada sekitar 52 pengalaman, tapi yang mau saya ceritakan di sini 7 pengalaman saja. Hihiihi..

Pertama kali saya mencoba aplikasi Traveloka yaitu buat memesan tiket pesawat perjalanan dinas untuk atasan saya. Ya kali, saya sendiri kan jarang pergi dengan pesawat. Hanya setahun sekali buat mudik ke Medan.

Singkat cerita, saya ketagihan memesan tiket pesawat lewat Traveloka. Yang tadinya saya harus jauh-jauh ke agen buat bayar tiket dan print tiket, dengan traveloka saya tinggal ke ATM terdekat untuk bayar. Setelah itu tiket online terkirim ke email dan aplikasi di smartphone. Untuk menyampaikan tiket kepada penumpang (bos saya), tinggal capture tiket online di aplikasi dan kirim ke WA-nya Bos. Sedangkan tiket versi pdf dan invoice lengkapnya yang terdapat di email, saya forward ke email Bos dan finance untuk bukti pembayaran yang valid.

Ke sininya, saya memilih cara pembayaran yang lebih mudah yaitu dengan kartu kredit pada fitur Traveloka Quick. Cukup satu ketukan, pembayaran beres. Tinggal bayar tagihan kartu kredit bulan depan. Aplikasi pemesanan tiket pesawat juga semakin gampang. Saya sebagai pemesan, bisa memesankan tiket untuk siapa saja. Saya tidak harus menjadi penumpang kok. Mudahnya lagi, sekali kita pernah menuliskan nama seseorang di daftar penumpang, data no KTP dan tanggal lahirnya sudah terekam. Jadi nggak perlu mengetik ulang  jika orang yang sama pesan lagi. 


Ketakutan orang yang belum pernah mencoba Traveloka adalah takut tiket tidak keluar, dan takut tidak bisa dilakukan pembatalan dan uang hilang. Saya bilang di sini, hal tersebut tidak pernah terjadi sejauh pengalaman saya dan orang-orang sekitar saya. Tiket yang sudah dibayar sudah pasti published dan bisa digunakan. Tiket yang sudah dibayar pun bisa dibatalkan dan uang dikembalikan (refund), dengan catatan : belum melebihi batas refund (pengembalian uang). Batas refund ini bervariasi di setiap maskapai. Aturan refund ada pada informasi tiket yang telah diterbitkan pada aplikasi Traveloka.

Suami saya pernah membatalkan perjalanan dengan salah satu maskapai. Beliau menghubungi customer service Traveloka untuk pengembalian uang. Dalam seminggu, uangnya sudah kembali ke rekening. Untungnya waktu itu suami memberikan nomor rekening saya untuk refund, Jadi saya makin cinta, hehehe.



Setiap kali usai membeli tiket pesawat, dalam aplikasi saya langsung muncul promo-promo diskon rate hotel. Contohnya tertulis : Diskon Hotel 40% untuk pelanggan Traveloka. Pelanggan di sini artinya saya cukup sering belanja dengan Traveloka. Ketentuannya sendiri saya tidak tahu pasti, mungkin bisa ditanyakan ke customer service ya bagi yang penasaran. Nyatanya, baru belanja satu kali saja sudah muncul pemberitahuan diskon pada berbagai nama hotel. 

Nah, kesempatan ini saya manfaatkan baik-baik dong. Yang pesen tiket pesawat adalah bos. Tapi yang dapat diskon hotelnya saya. Bisa digunakan untuk staycation gitu. Beberapa kali saya gunakan penawaran ini untuk staycation akhir pekan di Bogor (liburan dalam kota). Biarpun kita orang Bogor, nginepnya di hotel di Bogor tetap aja asyik. Kan hotel lebih rapi dari pada rumah sendiri, hahaha.

Pas lebaran, jauh hari saya pesan tiket ke Medan. Kurang sebulan, tiket murah sudah langka. Untungnya pakai Traveloka bisa dicek sewaktu-waktu fluktuasi harga tiket pesawat dari berbagai maskapai. Pas ada yang murah, langsung saya jadiin beli.

Setelah beli tiket pesawat, muncul notifikasi diskon hotel di beberapa kota. Berhubung saya mudik ke Medan, iseng saya lihat harga hotel di Medan. Beneran, diskonnya lumayan banget. Akhirnya sekalian saya booking juga untuk staycation di hotel di Medan. Lebaran sambil liburan, gitu ceritanya.

Nih, saya pamerin daftar hotel yang pernah saya tiduri. *halah*


Deal-deal lainnya juga sering ditawarkan di fitur Promo pada aplikasi Traveloka. Misalnya promo weekend untuk pengguna VISA,Traveloka Online Fair (5-11 oktober 2016), promo long weekend dll. Banyak promo yang selalu update setiap saat, jadi sering-sering cek aja di bagian promo (terletak di bagian atas pada aplikasi).

Selain promo diskon, juga muncul saran rating tertinggi pada saat pencarian hotel. Contohnya pas saya mencari alternatif hotel di Jawa Timur. Hotel dengan rating dan penawaran terbaik muncul di atas.  Satu yang saya kaget, woow..hotel mejamur dan keren-keren sekarang ini. Wajarlah kalau staycation, dan meeting di hotel jadi gaya hidup.




Saya sih pengennya malah mencari resort di sekitaran Subang atau Lembang. Sebentar lagi anak-anak libur tengah semester. Masih agak lama liburnya, tapi ribuuuutnya sudah dari kapan taun. Mau liburaaaan!

Iya deh, buru-buru cek Traveloka.

Banyak kan pengalaman saya dengan Traveloka. Hingga saat ini sudh 30x transaksi lhooo. *NgarepTravelokaNgadainSayembaraDanSayaMenang*  
Dan sejauh ini tidak pernah kecewa.


1 comment:

  1. akhir2 ini aku srg bgt pake traveloka juga ;p.. sebelumnya ganti2 sih, dari agoda, ato pesen lgs lwt website maskapai saat mereka promo... traveloka selama ini cukup memuaskan juga.. blm prnh ada masalah sih slama aku pesen dr traveloka ini :). malah seneng tiap rabu dia ngadain promo ama kartukredit yg aku pakai :D.. jd makin murah

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)