Thursday, October 6, 2016

Nonton TV Gaya Baru : Bye bye TV Besar!



Dalam sejarah pernikahan saya, tercatat telah memiliki 3 televisi. Tapi dalam periode berbeda.


TV pertama dibeli saat pengantin baru. Ukuran 14 Inch dengan tabung besar menonjol ke belakang. Berat pula! TV kedua ukuran 21 Inch, masih berat dengan tabung menonjol ke belakang. TV tersebut dibeli setelah merasa TV pertama kekecilan karena Cinta yang waktu itu usianya 2 tahun suka joged-joged di depan TV dan menutupi layar. TV ketiga adalah hadiah kuis. (Hadiah lagi, hadiah lagi #tutupmuka). Bentuknya udah tipis, flat TV LED ukuran 32 inchi.

Dulu, saat anak masih satu, nonton TV berlangsung damai tentram. Channel yang ditonton sesuai permintaan si sulung, Cinta. Paling sering nonton Dora the Explorer di Global TV. Saya sih mengalah saja. Saya dan suami baru nonton film atau berita malam hari setelah Cinta tidur.
Setelah Adik Asa lahir, nonton TV mulai rebutan. Cinta yang beranjak ABG mulai suka acara game show dan musik. Sedangkan Asa inginnya nonton kartun semacam Shaun the Sheep, MumuHug dan sejenisnya.

Drama rebutan remote TV berakhir dengan sendirinya tanpa paksaan setelah masing-masing mempunyai gadget. Kebutuhan hiburan yang berbeda-beda dapat dipenuhi. Jadi kalau dulu kami mengomentari satu tontonan yang sama, baik itu suka maupun terpaksa, sekarang bertukar cerita tentang tontonan masing-masing.

Gaya nonton TV pun mengalami pergeseran.

Sejak ada ponsel pintar, porsi nonton channel TV jadi berkurang. Iyalah, secara pakai ponsel jadi lebih leluasa memilih sesuai selera, bisa nonton sambil posisi uenak, sambil mondar-mandir juga bisa.




Anak-anak lebih suka nonton youtube untuk mencari rekam ulang serial-serial TV kesukaannya. Saya pun begitu, mencari berita atau nonton acara TV dari Youtube. Sayangnya, unggahan di Youtube tidak selalu bisa full seperti tayangan TV aslinya.

Kalau mau menonton TV yang fresh, bukan siaran tunda, saya nonton streaming. Saya dan suami saja sih yang suka nonton streaming. Karena memang baru kami yang pengen nonton berita up to date. Kalau anak-anak kan tontonannya kartun. Nonton kapan saja tidak masalah. Tapi mereka sering kangen juga nonton serial kartun dari TV yang kadang-kadang diselingi iklan. Kangen nonton TV sih, katanya.



Kami nonton TV via ponsel hanya saat ada wifi saja. Di rumah kami langganan data dari TV kabel. Sedangkan di kantor saya pakai wifi kantor. Anak-anak hanya main gadget saat di rumah. Data ponsel harus dihemat untuk keperluan saat mobile.


Untuk data internet kami langganan TV kabel sekaligus internet dengan kuota cukup besar. Sebulan bayar sekitar 375 ribu rupiah untuk digunakan unlimited orang serumah. Masing-masing pegang gadget dan masing-masing suka nonton youtube. Akibatnya apa? TV terlupakan. TV flat hanya jadi pajangan. Sesekali ditonton kalau lagi ada tamu saja. wkwkwk.

Tapi kadang nggak tahan juga saya ingin nonton TV saat di perjalanan. 

Trus saya bilang ke suami, "Cobain Fira TV yuk, streaming TV lewat HP pakai Fira OS."

FIRA OS adalah sistem operasi berbasis Android yang menyediakan layanan pembayaran, informasi dan hiburan yang diciptakan khusus bagi konsumen Indonesia. Tayangan FIRA TV tersedia selama 24 jam sehari, sepanjang tersedia jaringan internet untuk mengaksesnya, tanpa perlu men-download aplikasi, ber-langganan TV berbayar ataupun layanan serupa lainnya. 

"Salah satu sajian utama FIRA TV adalah SuperSoccer TV yang menghadirkan tayangan 24 jam MUTV, lho," bujukku.
"Aku gak suka bola," kata suamiku.
"Ya kalau gitu buat aku aja, ada 12 channel lokal. Aku pengen streaming nonton berita PilGub DKI," kataku. " Kan ada Agus Yudhoyono" 
"Nanti kalau anak-anak pengen juga gimana?" Kata suamiku.
"Ya gapapa. Kan Biznet video menayangkan Biznet Kids." Kataku.

Hahaha, nyerah deh akhirnya suamiku. Nanti kita mau nyobain dulu di counter Fira TV kalau sudah punya ponselnya sih enak, dapat dinikmati 24 jam penuh secara gratis dengan login menggunakan Fira ID.

Begitulah cerita kami soal nonton TV. Gaya hidup orang masa kini berubah, gaya nonton  TV pun berubah. Masing-masing punya channel favorit. Masing-masing punya waktu yang berbeda. Jadi sudah saatnya, TV pun sudah menjadi perangkat yang sifatnya personal banget.

16 comments:

  1. Wahh baru tahu ada Fira TV, Mbak..

    ReplyDelete
  2. Wohooo, boljug nih FIRA TV yak. Terobosan yang cihuy banget nih mbaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. iyaaa sama juga punya channel sendiri, setiap hari setiap waktu net tv wkwkwkkwkw. Tv di kos mah buat rame-ramean aja kalau lagi sepi *lahhhh

    ReplyDelete
  4. Weeh semakin asyik saja ya nonton tv kalau begini, bisa dimana pun ya mak

    ReplyDelete
  5. Weeh semakin asyik saja ya nonton tv kalau begini, bisa dimana pun ya mak

    ReplyDelete
  6. yay, nontonnya pakai android polytron, saya mah belum nyobain pakai fira os

    ReplyDelete
  7. anak-anak saya juga mulai beralih ke gadget untuk nonton. Salah satu manfaat yang saya rasakan adalah mulai berkurang drama cari remote tv hahaha. Tapi, mereka jadi makin mager

    ReplyDelete
  8. Eh, ada ya yang begini? Waah... Pengen nyoba.

    ReplyDelete
  9. Di rumah sih msh suami yg setia nonton TV flat salurannya juga TVRI, keknya boleh juga nih coba Fira TV...

    ReplyDelete
  10. Ada tv di henpon emang lebih memudahkan ya. Bisa nonton tv tanpa harus stay di satu tempat. Good lah, Fira TV.

    ReplyDelete
  11. aku jarang sih nonton TV, sering nonton di Youtube... hehe

    ReplyDelete
  12. cobain juga ah....terima kasih infonya mba..

    ReplyDelete
  13. ehem,, bisa dicoba juga nih, nonton pakai HP, tapi biasanya takut baterai cepat habis, panas, dan kuota hehe

    ReplyDelete
  14. kok aq baru tahu tentang Fira tv ini, makasih ya mb infonya.

    ReplyDelete
  15. Aduh, sayang banget itu SuperSoccer-nya malah MUTV. Coba LFC TV pasti deh langsung diburu. Hehehe. Btw, Fira OS ini cuma ada di hape Polytron kan ya? Kece badai deh, anak bangsa sudah bisa membuat OS sendiri dengan berbagai fitur menarik. Layak diapresiasi dengan cara dipakai produknya, hehehe.

    ReplyDelete
  16. GADGET IS THE BEST THAN TELEVISION :D
    #MENUJUGADGET2017 #MENUJUMASADEPAN

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)