Tuesday, January 31, 2017

Acer Switch Alpha 12 yang Switchable untuk Mama



Profesi saya sebenarnya hanya satu, yaitu sebagai PNS.

Sedangkan hobi saya ada banyak : jalan-jalan, menonton film, mendengarkan musik, fotografi dan akhir-akhir ini tengah menyukai vlogging.


Tetapi, pekerjaan yang hanya satu macam itu meminta porsi paling besar baik dari segi waktu, tenaga maupun pikiran. Bahkan dalam menjalankan satu pekerjaan itu saya harus bisa berubah sewaktu-waktu. Seperti jargon “switchable me”, yaitu kemampuan untuk fleksible dan berubah sesuai kebutuhan. Jargon ini saya pinjam dari Acer, yang tengah memperkenalkan notebook Switch Alpha 12, Notebook Hybrid Intel Core Pertama Tanpa Kipas.


Switchable Me Story 1 : Bagai kutu loncat.

Suatu hari Senin yang saya lupa tanggal berapa. Saya menggerutu kenapa pagi-pagi sudah ada undangan rapat koordinasi. Sementara mata masih mengantuk gara-gara semalam bergadang nonton Drama Korea. Rapat artinya adalah sederetan pekerjaan baru menanti. Semangat, semangat! Jangan dijadikan beban. Jadikan pekerjaan adalah tantangan. Itu tandanya saya dianggap bisa melakukannya, hibur saya pada diri sendiri.

Untungnya rapat berjalan cepat dan padat. Karena berikutnya saya ada janji dengan mahasiswa untuk konsultasi mengenai pendanaan kegiatan turun lapang. Belum usai pertemuan dengan mahasiswa, tiba-tiba telepon berdering, “Bu, bisa ke rektorat sebelum jam 12 siang? Ada berkas laporan yang perlu direvisi.”

Zaaap! Saya menyambar handphone dan melesat ke Kantor Rektorat.

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Dengan mobilitas tinggi seperti itu, kapan saya bisa punya waktu leluasa memegang komputer? Yang saya butuhkan adalah notebook yang fleksible. Switch Alpha 12 bisa jadi solusi yang tepat. Notebook 2-in-1 ini memiliki ukuran tipis dan bobot yang ringan (1,25 kg) sehingga saya lebih leluasa membawanya kemana saja. Sering ada waktu tunggu yang tersia-sia. Jika saya membawa Switch Alpha 12 saya bisa memanfaatkan waktu tunggu untuk deadline di mana pun.




Switchable Me Story 2: Menjadi Apa Saja

Saya seorang bendahara. Itulah pekerjaan utama saya. Tetapi juga bisa membantu pekerjaan rekan-rekan kantor di bagian administrasi umum, membantu menjadi administrator media sosial dan mengisi website institusi, menjadi panitia pelatihan dan seminar, membantu memberi ide untuk desain interior kantor, memberi ide untuk katering kantor. Buat saya mudah mendapatkan informasi dan inspirasi dari internet. Sepertinya ini yang membuat teman-teman senior mengandalkan saya. Membantu rekan kerja saya lakukan karena saya suka melakukannya. Buat saya ini adalah cara keluar sejenak dari rasa bosan. 

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Seperti saya yang fleksibel mendukung jalannya roda pekerjaan di kantor, Switch Alpha 12 pun memiliki kemampuan fleksibilitas untuk mendukung aktifitas pemiliknya. Notebook Acer 2-in-1 Switch Alpha 12 juga telah dilengkapi dengan kickstand yang bisa dimiringkan hingga 165 derajat. Keyboardnya bisa dilepas – pasang dengan engsel magnetik sehingga bisa menjadi leptop atau tablet dengan mudah. Docking keyboard pada Switch Alpha 12 telah dilengkapi dengan backlit sehingga memakai keyboard di tempat yang gelap tetap kelihatan.



Switchable Story 3 : Multitasking

Ada kalanya dalam seharian saya duduk di depan meja kerja bersama tumpukan kertas-kertas, kuitansi, kalkulator, beberapa file keuangan dan email-email yang terpampang di komputer. Pantat saya terasa lengket di kursi. Yang membuat saya malas beranjak adalah begitu banyaknya target yang belum terselesaikan. Bahkan saat makan siang pun biasanya saya titip dibelikan makan siang oleh office boy.

Sialnya, ditengah banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan, pikiran saya teringat film baru yang thirllernya telah saya lihat di Youtube. Kalau pikiran sudah mendua begini, mendadak ingin segera sore dan pulang, lalu mengajak anak-anak ke bioskop.

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Seandainya saja otak saya memiliki Liquidloop seperti pada Switch Alpha 12, mungkin kepala saya tidak panas saat memikirkan banyak pekerjaan. LiquidLoop™ yaitu sistem pendingin yang dapat menstabilkan suhu mesin notebook tanpa kipas sehingga notebook tidak cepat panas (overheating) dan berisik bahkan saat digunakan terus menerus. Sistem fanless ini sangat membantu menghemat daya baterai sehingga Switch Alpha 12 bisa digunakan dalam waktu lama hingga 8 jam. Apalagi dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-6 dan OS Windows 10 membuat kinerja Switch Alpha 12 mampu diajak multitasking dengan membuka banyak program sekaligus.Switchable Story 4: Jarak Bukan Hambatan

Salah satu job description saya adalah mencari dan memesan barang-barang kebutuhan kantor. Seringkali saya harus “berburu” barang yang diperlukan dari toko ke toko untuk mencari spesifikasi yang sesuai. Di jaman serba online ini, belanja barang tidak terbatas oleh jarak. Saya bisa mencari informasinya di internet, lalu memesannya ke toko yang berada di beda kota. Transaksi jarak jauh pun bisa dilakukan. Jarak bukan lagi hambatan sejak ada layanan e-banking. Saya biasa melakukannya dari komputer kantor.

Bicara soal jarak, ada kalanya saya harus mengikuti kegiatan di luar kantor, eh tiba-tiba Atasan saya minta data. Kalau data telah saya simpan di email, saya bisa mengirimkannya via handphone. Tetapi kalau data masih tertinggal di komputer kantor, nah ini yang repot.

Bahkan pernah saat saya sedang berbaring sakit di rumah, sebuah pesan singkat masuk, “Rin, tolong bayarkan tagihan pembelian Jurnal Entomologi, ya.” Eaaaa, masa harus jalan ke bank?

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Switch Alpha 12 dilengkapi standar USB terbaru, USB 3.1 Type-C. Beberapa kelebihan yang bisa dinikmati dalam Switch Alpha 12 adalah memiliki port bolak balik yang praktis dan tidak ribet. Selain itu, kamu bisa menikmati transfer data yang lebih cepat, yaitu mencapai 5 Gbps. Jadi, file-file kantor bisa dibawa dalam notebook bermuatan hingga 512 GB ini dan tinggal kirim kapan saja diperlukan. E banking juga bisa dilakukan dari rumah, kan?



Switchable Story 5: Jangan lupakan hobi

Seperti saya sampaikan di atas, pekerjaan saya hanya satu, tapi hobi saya banyak.
Random. Banyak yang baru.

Waktu paling leluasa untuk menjalankan hobi adalah akhir pekan. Satu pekan hanya bisa satu atau dua hobi terlaksana. Pasalnya masih harus berbagi waktu dan energi dengan pekerjaan rumah. Pekan ini ke bioskop, pekan berikutnya ke pantai, pekan berikutnya kumpul bareng teman-teman komunitas.


Saya bisa lebih sering melakukan hobi-hobi ringan yang bisa dilakukan malam hari. Untuk hobi, selalu ada waktu yang disempatkan. Menonton youtube, mendengarkan musik, main game di handphone, editing vlog, atau sekedar melihat-lihat album foto.

Hobi tidak harus sesuatu yang menghasilkan prestasi. Jika dengan melakukan hobimu saja kamu sudah merasa segar dan semangat kembali, itu artinya hobimu bermanfaat untuk dirimu. As simple as that.  “A hobby a day keeps the doldrums away” A quote by Phyllis McGinley.

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Buat saya yang butuh tontonan yang menghibur untuk penyeimbang hidup, Switch Alpha 12 memiliki display 12” dengan resolusi tinggi yaitu QHD (2160 x 1440) yang juga dilengkapi dengan teknologi IPS, sehingga memiliki area pandang yang lebih luas sehingga cocok dipakai untuk bekerja dengan spreadsheet.

Dikejar “rasa penasaran” menyelesaikan serial drama 16 episode (ampun, sudah!) membuat mata menatap monitor berjam-jam. Hal itu membahayakan mata lho. Mata akan menjadi cepat lelah dan kering. Untuk memuaskan penggemar drama, Switch Alpha 12 telah melengkapi perangkatnya dengan fitur Acer BlueLight Shield, sebuah teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar notebook penyebab mata lelah dan kering.
Satu lagi penunjang hobi, Switch Alpha 12 dilengkapi dengan stylus pen yang mampu mendeteksi sensor hingga 256 tingkat tekanan pada layar secara lebih presisi. Kita bisa menggunakan perangkat ini sebagai laptop atau tablet dengan lebih nyaman. 

Eh, saya hobi menggambar ilustrasi?
Enggak kok. Hobi saya kumpul-kumpul bareng teman komunitas. Hanya saja, pas kumpul-kumpul begitu, anak saya sering bosan menemani mama-nya. Dia suka mengajak pulang sebelum waktunya. Nah, kan tinggal sodorin Switch Alpha 12 dalam bentuk tablet, dan biarkan dia menggambar dengan stylus pen. Dia bakal asyik menggambar berlama-lama. Jadi hobi saya ngobrol saya teman-teman tetap berjalan dengan nyaman.

Demikianlah hari-hari #SwitchableMe ala Power “Mama” Ranger yang sewaktu-waktu bisa “berubah!” saat diperlukan.

Tulisan ini diposting ulang dari blog www.asacinta.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment

Sharing yuk pengalaman anda :)