Tuesday, June 20, 2017

Liburan Bermanfaat dengan Game Anak Sholeh


Liburan kenaikan kelas tahun ini lumayan panjang karena bergabung dengan libur Hari Raya Idul Fitri. Sejak minggu kedua Ramadan, jagoanku Asa (7 tahun) sudah terima rapor dan memasuki masa libur sekolah sepanjang lebih dari satu bulan.

Menghadapi liburan panjang, sebagai orangtua saya sering kebingungan. "Enaknya liburan diisi dengan apa ya?" Idealnya bisa jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di Indonesia. Tapi masalahnya, saya dan suami hanya bisa libur saat lebaran, itupun akan digunakan untuk mudik. Lagipula, untuk bepergian keluar rumah apalagi ke luar kota butuh biaya dan persiapan ekstra.

Akhirnya liburan murah di rumah menjadi pilihan. Bagi Asa, liburan di rumah pun tak masalah asalkan tetap diperbolehkan bermain gadget. Nah, ini dilema baru. Anak mana sih yang tidak doyan main gadget? Di hari sekolah, saya memberlakukan pembatasan jam bermain gadget hanya  2 jam di sore hari. Khusus di hari libur, saya tambah jam bermain gadget menjadi 2 jam siang dan 2 jam sore. Itupun dengan pilihan game dan akses internet yang terkontrol khusus untuk anak-anak.



Mengenal Game Anak Sholeh.
Asa suka sekali main game.  Saya memilihkan game-game yang bermanfaat dan melarangnya memainkan game yang memicu kekerasan dan mengumbar sexualitas. Kebetulan sekali, liburan kali ini ada game baru yang diperkenalkan yaitu Game Anak Sholeh dari Agate Studio. Saya mengunduhnya dari link ini sahabatsholeh.com/download . Game Anak Sholeh cocok sebagai game Ramadan pengisi liburan. Tentu saja ini bukan sekedar game, tujuannya adalah agar anak bisa belajar agama Islam dengan cara yang menyenangkan dan mengajarkan anak sholeh sejak dini.

Game Anak Sholeh merupakan permainan seru yang dibalut dengan ajaran Islam. Game Anak Sholeh ini dikemas sangat menarik dan interaktif dengan gambar animasi yang disukai anak. Game ini cocok untuk anak dengan rentang usia 4 - 10 tahun, di mana usia tersebut adalah usia penting untuk mengenalkan tata cara ibadah dan ajaran Agama Islam. Game ini bisa menjadi pendamping pelajaran agama di sekolah maupun di Taman Pendidikan Al Quran. Sepanjang liburan di mana anak seringkali malas belajar dan lebih dekat dengan gadgetnya, Game Anak Sholeh ini bisa menjadi penyelamat di saat liburan sehingga liburan lebih bermanfaat dan anak tidak melupakan pelajaran Agama Islam yang telah diperolehnya, sekaligus mendapatkan tambahan pengetahuan baru.


Ada tiga pilihan menu  ketika aplikasi Game Anak Sholeh di buka yaitu :

(1) Petualangan. Total ada 20 cerita petualangan,  pada tahap awal ada 5 yang sudah terbuka kuncinya (unlock) dan bisa dimainkan. Di sini anak akan diajak masuk ke dalam kisah petualangan seorang anak sholeh bernama Ali. Bersama Ali, anak akan diajak belajar sambil bermain. Petualangan dimulai dari kamar tidur Ali. Anak akan diminta meng-klik benda-benda yang berkedip untuk menemukan benda rahasia sebagai syarat memasuki tahap demi tahap dalam game.

Pesan moral yang didapatkan dari kisah petualangan Ali ini antara lain tentang ukhuwah dengan sesama, doa-doa harian dan ibadah wajib seperti sholat dan puasa.  Judul - judul petualangan antara lain : Ali dan Muza, Terlalu Gemas, Pelajaran, Kartu Kebaikan, Teka-teki, Telat Sahur, Godaan Puasa dan lain-lain.


(2) Minigames. Total ada 33 games, pada tahap awal ada 15 minigames yang sudah bisa dimainkan (unlock) setelah menyelesaikan minimal satu kali petualangan bersama Ali. Pada menu minigames ada banyak pilihan games, antara lain menyusun bacaan doa untuk orangtua, bermain ulat, mengejar bintang dan banyak lagi. Game-game tersebut membantu anak menghapal doa, melatih motorik dan melatih kemampuan berhitung.  Setelah urutan doa tersusun, anak dapat mendengarkan suara lafal doa tersebut dan membaca artinya. 



 (3) Prestasi. Setiap selesai satu mini game anak juga akan mendapatkan skor dan bintang. Skor ini akan tersimpan sebagai prestasi baru. Pencapaian anak bisa dilihat dari menu Prestasi. Di sini tertulis dengan jelas apa yang telah dikerjakan anak, skornya berapa dan apabila ada yang masih kurang memuaskan hasilnya bisa diulang untuk mendapatkan skor yang lebih baik. Anak akan belajar memenuhi target skor dan mengukur kemampuan dirinya. Anak akan berusaha mengejar ketinggalan dengan semangat. 




Manfaat Game Anak Sholeh :
  1. Mengenalkan tutorial cara beribadah wajib kepada anak seperti wudhu dan sholat sehingga anak mudah mengapal gerakan-gerakannya
  2. Mengenalkan bacaan doa-doa harian kepada anak sekaligus memahami artinya.
  3. Mengajak anak berbuat baik dengan contoh-contoh cerita.
  4. Melatih kemampuan motorik anak.
  5. Merangsang daya imajinasi anak dengan gambar dan alur cerita yang menarik.
  6. Melatih anak percaya diri membuat keputusan.
Kelebihan Game Anak Sholeh :
  1. Menjadi game yang aman ditengah banyaknya pilihan game yang bisa diakses anak.
  2. Bisa dimainkan secara off line. Ini menolong banget saat kemaren kami mudik, gadget anak yang selama ini hanya mengandalkan wifi di rumah, ketika perjalanan masih bisa memainkan Game Anak Sholeh. 
  3. Ukuran aplikasi sekitar 50 MB tidak terlalu berat untuk jenis smartphone atau tablet kategori medium yang biasanya banyak digunakan oleh anak. Sepanjang pengalaman memainkan game ini tidak pernah ngadat atau berhenti di tengah permainan. 
  4. Ada menu akses orang tua, setelah register akan mendapatkan penambahan minigame dan episode petualangan yang baru dengan membagikan kode refferal kepada teman-teman sesama pengguna game.

Saran Pengembangan.
Game ini masih tahap percobaan. Secara umum sudah sangat bagus. Animasi dan suaranya sudah bagus. Fiturnya mudah dipahami. Untuk pengembangan berikutnya saya sarankan beberapa hal berikut :
  1. Kalimat percakapan dalam kisah petualangan Ali dibuat lebih panjang dan efektif (tidak sepotong-sepotong) agar anak tidak perlu terlalu sering memencet tombol klik. Bisa juga dibuat tulisannya agar auto run. Klik dilakukan hanya  saat berganti halaman atau memang perlu dilakukan aktifitas dalam game.
  2. Pada periode-periode tertentu (misalnya setiap 3 bulan sekali) perlu adanya pembaharuan cerita petualangan dan jenis game baru agar ada sesuatu yang memang dinantikan oleh anak-anak.
  3. Diadakan on line competition pada masa liburan sekolah. Selain agar anak semangat memainkan game ini, juga sebagai ajang silaturahmi dengan anak-anak senusantara.
  4. Di sisi lain, saya berharap game ini tetap mempertahankan kemudahan fitur dan pilihan game yang ringan agar anak tidak bosan dan senang memainkannya. Jangan terjebak dengan pengembangan yang komprehensif yang nantinya justru membuat game ini semakin berat, misalnya penambahan kamus bahasa arab, penambahan materi yang berat atau memasukkan surat-surat yang lebih panjang. Ingat, ini adalah game untuk anak, jadi tujuan utama adalah untuk membuat anak fun dan tidak stres.
Ya, demikianlah pengalaman kami mencoba Game Anak Sholeh.  Liburan sekolah yang bertepatan dengan Ramadan tahun ini menjadi sangat bermanfaat. Asa mengikuti kegiatan harian selama Ramadan (sahur, buka, tarawih) dengan semangat. Pada siang hari dan untuk mengisi waktu menunggu berbuka, Asa memainkan Game Anak Sholeh. Selama liburan ini Asa semakin mahir melakukan gerakan wudhu dan sholat, hapalan surat pendeknya pun bertambah. Doa-doa harian yang dulu telah dihapalnya sewaktu TK, bisa disegarkan dan hapal lagi.

Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di
Instagram @sahabatanaksholeh
Fanpage Facebook Sahabat Sholeh
Twitter @sahabatsholeh





9 comments:

  1. Thanks infonya, bisa kucoba untuk Naurah dan Khanza

    ReplyDelete
  2. Instal ah buat Rahma kayaknya seru 😊

    ReplyDelete
  3. Aaak menarik banget mbaak game anak sekolaahnya, mau cobaa ah sama ponakaan. hehehe makasih sharingnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Game yang bagus dan sangat bermanfaat untuk anak ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Wah bagus ni mba, pengen kuunduh buat bocah ah, maaf lahir batiin.

    ReplyDelete
  6. aplikasi kekgini harus dibanyakin deh kayaknya soalnya kalah banyak ama game yang kurang bermanfaat dan free itu.

    ReplyDelete
  7. Game kesukaan si ken jg nih mbk,
    Alhamdulillah, bs main sambil belajar belajar agama pulak, :)

    ReplyDelete
  8. wah game ini cocok buat ponakan, bisa belajar agama lewat permainan

    ReplyDelete
  9. Wah boleh nih, buat pilihan saat anak main gadget. Daripada nonton 'mantap djiwa' terus :')

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)