5 Hidangan Kuliner yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung ke Batam


Source : batam-dine

Resolusi 2018 ingin memperbanyak traveling. Dan entah kenapa, kok pengen main ke Batam. Mungkin karena sahabat kental saya, mba Nunung cerita sudah pernah ke sana dan seru banget. Sementara ini, si emak gadget hanya bisa memandangi Batam dari Gadget hehehe. Dirangkum dulu saja hasil survenya. Semoga terlaksana tahun ini.

Batam, kota kecil yang berseberangkan langsung dengan Singapura dan Malaysia ini memang memiliki daya tarik wisata yang cukup memikat. Selain menawarkan deretan tempat wisata alam dan wisata belanja, kota ini ternyata juga memiliki sejumlah hidangan kuliner yang menggugah selera. Jika anda berkunjung ke Batam, berikut adalah 5 hidangan kuliner khas Batam yang sangat sayang untuk dilewatkan. 

1. Mie Tarempa

Mie Tarempa merupakan hidangan kuliner khas batam yang berasal dari daerah Tarempa, Kabupaten Anambas. Hidangan ini dimasak dengan campuran daging ikan laut dan racikan bumbu rempah-rempah lezat. Karena menggunakan daging ikan, bisa dipastikan kuliner ini mengandung lebih sedikit lemak jika dibandingkan mie yang dicampur dengan daging sapi. 

Jika penasaran dengan kelezatannya, anda bisa datang ke daerah Sei Panas, tepatnya di Jalan Laksamana Bintan, Kompleks Ruko Graha Mas. Di sana, terdapat tempat wisata kuliner mie tarempa yang cukup terkenal di Batam. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp12.000, anda sudah bisa menyantap seporsi mie tarempa dengan cita rasa yang luar biasa.

2. Sop Ikan

Batam merupakan daerah yang terkenal dengan kuliner seafood. Nah, salah satu olahan seafood yang cukup populer di Batam adalah sop ikan. Tidak sulit untuk menemukan restoran atau tempat makan yang menyajikan hidangan sop ikan di Batam. Namun salah satu yang cukup terkenal dengan kelezatan dan kesegaran kaldu sopnya adalah Rumah Makan Yong Kee yang berlokasi di Jalan Engku Putri dan Komplek Nagoya City Center. 

Sop ikan di sini porsinya cukup besar, bahkan bisa dinikmati untuk dua orang. Adapun isi sopnya terdiri dari ikan tengiri, udang, cumi, mie, serta tambahan sayur-sayuran seperti sawi, daun selada, serta irisan tomat.

3. Mie Lendir

Selain mie tarempa, hidangan berbahan dasar mie lainnya yang juga tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Batam adalah mie lendir. Meskipun namanya terdengar aneh, tetapi cita rasa yang ditawarkan hidangan yang satu ini dijamin bakal membuat anda ketagihan sejak pertama kali mencicipinya.

Kuah kental yang disiram di atas sepiring mie pipih memiliki rasa khas yang berasal dari bumbu rempah-rempah dan potongan daging udang. Untuk pelengkapnya, mie kemudian akan diberi taburan bawang goreng, daun bawang, serta krupuk emping. Tak ketinggalan, telur rebus atau tahu bulat biasanya juga akan ditambahkan sebagai lauk pelengkap.

4. Gonggong Seafood

Gonggong merupakan sejenis kerang yang banyak ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Jika diperhatikan, bentuk gonggong ini mirip dengan keong. Di Batam, gonggong diolah menjadi hidangan seafood yang lezat dan banyak dicari wisatawan. 

Dalam penyajiannya, gonggong umumnya disajikan lengkap dengan cangkangnya dan ditemani dengan saus spesial sebagai pelengkap. Jadi, dalam proses pengolahannya, gonggong akan direndam di dalam air garam terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di dalamnya, dicuci sampai bersih, baru kemudian direbus agar bisa dikonsumsi. 

5. Luti Gendang

Luti Gendang adalah sajian kuliner khas daerah Tarempa lainnya. Makanan yang sering dijadikan oleh-oleh khas Batam ini memiliki bentuk lonjong seperti kroket. Di dalam balutan tekstur rotinya yang lembut, terdapat isian ikan tuna yang telah diolah dan dibumbui dengan berbagai rempah-rempah khas Pulau Tarempa. Luti gendang sangat pas dinikmati selagi hangat dengan ditemani secangkir kopi atau teh.

Itulah beberapa sajian kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Batam. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipinya? Segera rencanakan liburan anda  di Kota Batam!

Soal tiket pesawat, serahkan saja pada website Airy. Di situs booking tiket pesawat online dari Airy tersebut, kamu bisa menemukan berbagai penawaran menarik harga tiket pesawat murah ke Batam atau ke kota-kota lainnya di Indonesia.

Pemesanannya pun gampang, cukup melalui website Airy atau aplikasi Airy yang bisa anda  unduh di Android atau iOS. Kemudian, untuk pembayarannya, kamu bisa memilih metode pembayaran melalui kartu kredit, transfer, atau pembayaran langsung di gerai-gerai Indomaret.



Comments

  1. Yang paling favorit itu pas ke Batam adalah sop ikannya Mba.. Saya suka sekali..

    ReplyDelete

Post a Comment

Sharing yuk pengalaman anda :)