Sunday, December 3, 2017

Kabar Perjalanan



"Sudah landing, Say"
"Alhamdulillah..."

Kalimat chatting yang sama setiap kali salah satu dari kami bepergian ke luar kota dengan pesawat.

Begitulah komunikasi dua belahan jiwa.  Saya dan suami nggak banyak basa-basi, yang penting kabar baik diterima langsung hati lega.
Sadar kesibukan aktifitas masing-masing, kami tidak terus menerus saling bertanya,  Lagi di mana? Sedang apa? Enggaklah, kami tidak se-posesif itu. Saling percaya saja dengan pasangan. Yakin bahwa masing-masing mempunyai niat baik untuk keluarga. Saya percaya suami bepergian untuk bekerja, begitupun suami mempercayai saya, sering travelling bersama teman-teman blogger.

Kan sudah jamannya apa-apa serba terpantau, jadi enggak perlu nanya posisi setiap saat. Keingintahuan ini lebih kepada faktor safety (keamanan).

Untuk tahu mobilitas anggota keluarga, kami saling berbagi akses melihat lokasi di Google Maps. Saya, suami dan anak-anak saling berbagi lokasi.  Tampilannya bisa sangat detil dan akurat, seperti di bawah ini.


Sepanjang ponsel masih terhubung internet, maka lokasi di Google Maps akan terpantau. Lain halnya jika pemilik ponsel sedang offline. Yang terpantau adalah posisi terakhirnya saat online

Misalnya jika sedang naik pesawat, posisi terakhir ada di bandara keberangkatan. Baru setelah mendarat dan ponsel menyalakan data mobile, posisi Google Maps langsung terbarui sudah berada di bandara tujuan.

Cara lain memantau pasangan atau keluarga tanpa harus tanya setiap saat adalah dengan melihat akun media sosialnya. Saat ini hampir semua media sosial bisa tag lokasi. 

Jadi ada manfaatnya juga rajin update status atau posting foto ke Instagram saat kita travelling. Selain buat promosi wisata, sekaligus bisa untuk kirim kabar ke keluarga. 

Seperti halnya yang saya lakukan dua minggu lalu saat jalan-jalam ke Yogyakarta bareng teman-teman blogger. Keseruan agenda jalan-jalan membuat saya tak bisa menahan diri untuk tidak posting foto-foto ke Instagram. Yang saya suka dari instagram saya tidak perlu banyak berkata-kata. Biarlah foto yang berbicara. Plus fitur pencarian dan tag lokasi yang mudah.

Tak sedikit teman atau keluarga yag berkomentar, lagi jalan-jalan ya? Bagus ya tempatnya? Seru banget kegiatannya!  Oleh-olehnya dong...!

Jiiiaaah, minta oleh-oleh ini memang Indonesia banget yak. Hehehe




Kesemua kemudahan berbagi lokasi (dan berbagi kebahagiaan, tentunya) hanya bisa dilakukan jika paket internet dalam keadaan prima, cukup kuota. Untuk itu jangan sampai pulsa zonk saat mau travelling.

Saya sempat panik ketika paket internet habis dan pulsa menipis. Kejadiannya malam-malam pula, pas di hotel. Biasanya saya isi pulsa dengan sms banking. Tapi saat pulsa saja habis, bagaimana bisa sms?

Untung saya ingat bahwa sekarang bisa membeli pulsa dan internet lewat Traveloka. Saya bisa mengunakan wifi hotel untuk akses Traveloka. Pembayaran yang biasa saya lakukan dengan kartu kredit, jadi tidak perlu ke atm.

Oiya, kalau tidak ada wifi, alternatifnya pinjam tethering hot spot dulu dari ponsel teman sekamar, sebentar saja kok, 5 menit saja juga transaksi Traveloka berhasil dan sukses.




Beli pulsa di Traveloka banyak pilihan jenis provider, pilihan  nominal serta jenis paket data. Sebelum klik membeli, saya baca-baca dulu pilihan paketnya.

Contohnya paket internet Telkomsel, tersedia berbagai pilihan kuota internet untuk 4G dan Video Max, dari nominal terendah 25 ribu hingga 500 ribu. Sedangkan untuk pulsa dari 25 ribu hingga 1 juta. Selain itu saya juga membeli pulsa Smartfren untuk modem, dari nominal terendah 50 ribu hingga 500 ribu. Oiya, jika biasanya beli pulsa dikenakan biaya tambahan 1-2 ribu, kalau beli di Traveloka malah diskon lho. Pulsa 50 ribu harganya hanya Rp. 49.500.


Tak hanya isi ulang pulsa dan internet untuk ponsel sendiri, kita bisa isikan untuk nomor lain. Jadi bisa banget kalau ada teman yang beli pulsa ke kita via Traveloka. 

Hanya menunggu beberapa detik setelah klik pembayaran, pulsa pun masuk ke nomor ponsel. Untuk mengisi ulang paket internet modem juga bisa lho. Sama caranya seperti isi pulsa. Beli pulsa dan paket internet dengan Taveloka transaksinya terpercaya dan bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Travelling pun berlanjut. #JadiBisa berbagi kabar perjalanan tanpa putus. Keluarga yang menanti di rumah tidak akan nanya, lagi di mana? Sedang apa?

Paling si Adik yang bertanya, Mama, tadi beli keripik usus, atau belut? Tadi kulihat foto Mama di IG lagi belanja oleh-oleh di Solo. Eaaa....

2 comments:

  1. Wuah,,saya baru tahu kalo di traveloka bisa beli pulsa dan paket data juga. Slx sy tau nya traveloka itu tempat beli tiket pesawat sajo..Ini akan sangat memudahkan kalo pas lagi mager heheheh
    thanks sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete

Sharing yuk pengalaman anda :)