Realita sesuai Harapan, Traveloka Xperience Bangkok



Suka merasa begini nggak? Ada hal-hal yang direncanakan gagal, sedangkan yang tidak direncanakan malah berhasil. 

Ya, saya pun sering berpikir begitu, akan tetapi saya ambil bagian positifnya saja.
Lupakan frase pertama, dan yakin adanya frase kedua, bahwa banyak 'keajaiban-keajaiban' terjadi dalam hidup ini walaupun tidak direncanakan sebelumnya. Pun, saya masih meyakini, sesuatu hal yang direncanakan mempunyai tingkat keberhasilan lebih tinggi.

Akhir tahun 2018 lalu, di saat rencana ingin mengajak anak-anak  (Asa dan Cinta) liburan ke Singapura gagal terus, tiba-tiba saja Suami bilang, "Aku ada meeting di Bangkok minggu depan. Ikut yuk, semuanya"

Yeaaay, Singapura terganti oleh Bangkok. Kegagalan yang tertunda dan tergantikan dengan yang sepadan.

Kami berempat pergi ke Bangkok selama 7 hari. Suami dalam rangka kerja, sedangkan saya, Cinta dan Asa dalam rangka "keluyuran".  Dengan persiapan singkat, saya menentukan sendiri rencana perjalanan, dengan tiga catatan penting : tidak boleh terlalu capek, tidak boleh boros dan tidak diburu-buru alias selow aja menikmati perjalanan.  Dengan tiga catatan tersebut, memang tidak banyak destinasi yang saya rencanakan.

Ikuti Langkah Kaki.
Traveling dengan keluarga wajib memperhatikan kondisi fisik. Saya hanya memilih 1-2 destinasi dalam sehari, agar tidak terlalu lelah dan bisa menikmati setiap destinasi cukup lama. Agar bisa lebih membaur dan meresapi kultur yang berbeda.

Bermodal bantuan peta digital, saya dan anak-anak mencoba transportasi umum yang ada di kota Bangkok, yaitu MRT, BTS dan bis biasa. Tantangan yang kemudian menjadi pengalaman seru tatkala kami berhenti di stasiun yang salah, kesasar ke rute yang lebih jauh. Sampai kami pernah harus menunggu lama bis di sebuah halte lantaran ternyata kami duduk di tempat yang tidak sesuai dengan nomor bis, sehingga bis tersebut tidak mau berhenti. Mengikuti perilaku penduduk lokal, akhirnya kami mendapatkan bis yang diinginkan.

15.000 langkah per hari
Santai sejenak sebelum tahu di belakang itu adalah kolam dengan ribuan Biawak. (Lumphini Park)
Persiapan menanam pohon

Antara kuliner, atraksi atau belanja.
Jarang-jarang ke Bangkok, tentu ingin mencoba berbagai pengalaman seru di kota dengan wisatawan terbanyak se Asia Tenggara ini. Dalam 7 hari tersebut, setidaknya 3 pasar tradisional, 2 mal, 4 tempat wisata dan 5 restoran halal saya kunjungi.  Antara keinginan yang banyak dan kapasitas tenaga yang terbatas, saya harus pandai-pandai menentukan agenda perjalanan. Pada akhirnya, tidak semua rencana terpenuhi, dan sebagian tempat baru malah kami datangi di luar rencana.

Satu pengalaman yang bikin baper saat Kakak Cinta membeli majalah di sebuah kios sederhana. Nenek penjual menyambut Cinta dengan ramah. Mereka pun bertransaksi dengan 2 bahasa berbeda. Nenek itu tidak bisa berbahasa Inggris, jadi menyebutkan harga dengan bahasa Thai, plus isyarat tangan. Usai membayar, bukannya udahan, Sang Nenek malah memeluk pundak Cinta,  mengelus ramah, dan menasehatinya, seolah menasehati cucu sendiri.

Walaupun kami tak paham isi doanya, yang tersirat dari ekspresi Nenek itu adalah ketulusan. Semoga doa yang baik buat Cinta. (Dan saya pun terharu, hiks, mellow)

Kakak Cinta dapat doa dari nenek penjual majalah ini lho, pakai bahasa Thai
Ni Anak cepet banget akrab dengan satpam hotel. 

Memilih obyek wisata secara efektif.
Saya tertolong dari aplikasi Traveloka Xperience. Awalnya saya tidak menyadari kegunaan menu Traveloka Xperience ini. Sudah sejak lama saya berlangganan pesan tiket pesawat dan booking hotel melalui Traveloka, namun belum pernah mengubek-ubek menu lain. Duh, kudet banget ya!

Dari Traveloka Xperience saya bisa melihat pengalaman seru apa saja yang mungkin dinikmati di suatu kota atau negara. Kita tinggal masukkan nama kota, maka akan muncul banyak saran aktivitas atau destinasi seru di kota tersebut. Lengkap dengan harga tiket dan penjelasan tentang obyek-obyek wisata tersebut.

Langkah 1 : Buka aplikasi Traveloka, pilih menu Xperience

Langkah 2. Ada 12 kategori Xperience, eksplore satu persatu untuk mencari yang paling cocok.
Langkah 3. Atau kalau mau cepat, entry nama kota atau negara yang dituju pada kolom pencarian.


Museum patung lilin Madame Tussauds, New Calypso Cabaret Show,  Akuarium Sea Life, Pertunjukan Siam Niramit, Chao Phraya Cruise dan lain-lain, adalah Traveloka Xperience yang ada di Bangkok. Waaah, mau semuanya dicoba. Tapi kan kembali lagi ke 3 catatan tadi: Jangan capek, jangan boros dan jangan buru-buru, artinya saya harus memilih dengan tepat sesuai dengan kondisi kami.

DAN PILIHAN JATUH PADA AKUARIUM SEA LIFE ===> akhirnya suara anak-anak lah yang menang. 



Di balik pilihan itu, ini adalah hal-hal yang saya lakukan sebelumnya :

  1. Membandingkan harga tiket wisata antara membeli via Traveloka Xperience beli langsung on the spot. Dari sini saya tahu bahwa membeli via Traveloka Xperience jatuhnya lebih murah, karena bisa dibeli dengan rupiah dan ada diskon-diskon dari Traveloka.
    Tahun lalu saya beli dengan harga Rp. 313.517 (dewasa) dan Rp. 290.817 (anak), tahun ini harganya Rp. 340.990 (dewasa). Tidak banyak berubah.
  2. Memilih obyek wisata secara seksama untuk disesuaikan agenda perjalanan yang sudah saya buat dengan anak-anak. Ya, berhubung kami juga ingin menyempatkan diri untuk berbelanja, mencoba naik angkutan umum, atau sekedar nongkrong-nongkrong di taman kota untuk menikmati suasana, jadi pilihan obyek wisata disesuaikan dengan budget dan energi.  Enaknya, di Traveloka Xperience semua informasi tersaji lengkap. Mulai dari jam dan hari operasional, harga, ketentuan tiket, hingga penjelasan tentang apa dan bagaimana yang akan kita lihat di sana. Ini menghemat waktu daripada kita datang langsung ke loket tiket dan masih bingung mau memilih jenis tiket yang mana. Iya nggak?  Dengan Traveloka Xperience kami juga terhindar merasa 'tertipu' memilih obyek wisata. Pastinya enggak ada yang mau bayar mahal untuk sebuah obyek wisata yang 'gitu doang'.
  3. Saya membeli tiket Traveloka Xperience pada H-1 sebelum pergi ke obyek wisata yang dituju. Memang sih agak mepet, namun itu demi menyiasati kalau-kalau kami berubah rencana. Karena tiket yang dibeli tidak bisa di-refund. Enggak takut kehabisan tiket? Enggak sih, kebetulan yang saya pilih bukan tiket pertunjukan, melainkan tiket Akuarium Sea Life sehingga tiket selalu tersedia, asalkan pada hari operasional.
  4. Pada hari H, kami cukup menunjukkan barcode di menu My Booking di aplikasi Traveloka kepada petugas. Ada lajur khusus untuk pengguna aplikasi. Lalu kami mendapatkan tiket berbentuk gelang untuk dikenakan sepanjang berada di area wisata.
  5. Sebenarnya saya juga ingin ke Madame Tussauds, karena tempatnya berdekatan, namun tidak jadi karena keterbatasan waktu dan tenaga. Untung belum beli tiketnya. Next trip kali yaa. Aamiin.
Ekpektasi = Realita.

Puas. Satu kata yang bisa menggambarkan perasaan kami tentang Sea Life Bangkok. Aslinya sesuai dengan apa yang digambarkan dari Traveloka Xperience. 

Sea Life merupakan akuarium raksasa spesies laut yang berada di bagian bawah Siam Paragon, mall terkenal di pusat kota Bangkok. Suasananya mirip Sea world Ancol, dengan kondisi lebih terawat. Koleksi spesiesnya sangat banyak. 

Kami dibuat takjub dengan pengalaman memasuki lorong-lorong temaram dengan lampu akuarium yang atraktif. Ada 16 zona, diantaranya zona udang-udangan, ikan kecil, ikan besar, penyu, ikan hiu. Dan yang paling menarik adalah Ocean Tunnel atau terowongan bawah laut, di mana pengunjung dibawa memasuki lorong dibawah akuarium raksasa. Sebuah sensasi seru berada di bawah air dengan ikan-ikan hiu dan ikan pari berlalu lalang di atas kami.

Kami menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk memuaskan rasa penasaran pada kehidupan bawah laut. Kaki gempor baru terasa saat kami keluar dari Sea Life dan menyadari bahwa sebenarnya kami ada di bawah mal Siam Paragon.

Di mal ini kami tidak berani makan berat karena tidak jelas kehalalannya. Saya dan anak-anak cuma beli Coconut Ice Cream dan Thai Tea.  Cinta di sini menemukan apa yang dicarinya yaitu DVD KPOP di Power Mall. Hanya beli satu karena harganya lebih mahal dari beli pre order langsung via Indonesia. Hihihi.


Hai Hiu !

Ocean Tunnel

Xperience Seru di Sea Life



Jadi kalau disimpulkan, kelebihan membeli tiket wisata dari Traveloka Xperience adalah :

  • Harga lebih murah dan pasti, dibayar dalam bentuk rupiah walaupun dibelinya di luar negeri.
  • Informasi terpercaya. Antara ekpekstasi dan realita sama. Foto dan informasi tentang obyek tersebut ditampilkan secara jelas. Ada review dari pengguna sebelumnya.
  • Bisa beli jauh hari ataupun dadakan (kecuali tiket pertunjukan tergantung kuota). Tergantung tingkat keyakinan kita mau pada rencana perjalanan yang sudah disusun.
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai metode, saya menggunakan kartu kredit.
  • Paperless. Tiket aman tersimpan pada aplikasi.
  • Proses tiketing lebih cepat.
Di antara harapan-harapan yang tidak sesuai realita dalam traveling, masih ada Traveloka Xperience yang bisa menjanjikan realita yang sesuai harapan.  

Tiga catatan saya dalam traveling pun terpenuhi : enggak capek, enggak boros dan enggak diburu-buru waktu. Bagi saya, traveling adalah bagian dari investasi kenangan dengan keluarga. Jadi, penting untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam setiap perjalanan wisata. Traveloka Xperience memberikan pengalaman terbaik saat traveling.

 #XperienceSeru 


Comments

  1. Bangkok selalu bikin kangen... the foods.. the road... love it all

    ReplyDelete
  2. Heheehe, gimana kesannya pas ke Lumphini Park? ngeri-ngeri sedap ya

    ReplyDelete
  3. Terakhir ke Bangkok sempat mampir ke mal Icon Siam. Gede banget. Banyak barang-barang lucu.

    ReplyDelete
  4. Waahh ternyata banyak banget kegunaan di menu Traveloka, thanks ilmu nyaa bu, selalu suka sama cerita yang ditulis.. Cus kita agendakan liburan akhir tahun buu hehe...

    ReplyDelete
  5. Saya juga udah coba Traveloka Xperience ini. Fiturnya menarik. Beli tiket lebih murah dan gak pake antri. Dan ini penting kalo wisata yang kita tuju lagi rame-ramenya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Sharing yuk pengalaman anda :)